Rencanakan Pendirian Prodi D4 Teknik Transportasi dan Logistik, Dekan SV UGM Kunjungi Universitas Duisburg-Essen (UDE), Jerman

whatsapp-image-2016-10-22-at-2-24-58-pmSekolah Vokasi tengah berupaya meningkatkan peluang kerjasama dengan beberapa pihak, baik dalam negeri maupun luar negeri. Saat ini, Dekan SV UGM, Wikan Sakarinto, M.Sc. Ph.D., tengah berada di Jerman untuk melakukan kunjungan ke beberapa kampus di Jerman.

Berkat dukungan Ikatan Ahli dan Sarjana Indonesia Jerman (IASI), SV UGM mendapat kesempatan lebih besar untuk mengenal dan membuat jaringan yang luas dengan Universitas maupun Perusahaan-Perusahaan Besar di Jerman.

Jumat (21/10), bertempat di Universitas Duisburg-Essen / UDE, tengah berlangsung diskusi antara Dekan SV UGM bersama dengan Prof. Bernd Noche, yakni Kepala Jurusan Teknik Logistik di Universitas Duisbrug-Essen (UDE). Salah satu tema yang menjadi bahan diskusi diantaranya adalah rencana pendirian program studi D4 Teknik Transportasi dan Logistik SV UGM.

“Pendirian prodi ini juga akan mendukung program Pak Jokowi (Presiden RI) untuk memperkuat Maritim dan Tol Laut Indonesia, serta industri nasional dan program Teaching Industry SV UGM,” ungkap Wikan.

Sementara itu, pihak UDE Jerman, khususnya Prof. Bernd Noche menyambut baik rencana pendirian Prodi D4 ini serta menyatakan kesiapannya untuk mendukung dan bersinergi.

Wikan juga menambahkan bahwa langkah selanjutnya, SV UGM harus menggaet kerjasama dengan perusahaan-perusahaan yg terkait Logistik (Indonesia dan Jerman), menyusun MoU atau naskah perjanjian kerjasama, menyelesaikan proposal D4, mematangkan kurikulum, pengadaan peralatan dan fasilitas pendidikan, serta menyiapan SDM pendidik, dan sebagainya.

Selain mendiskusikan tentang rencana pendirian D4, Wikan juga melakukan pembahasan program pengiriman mahasiswa SV di UDE yang direncanakan pada semester 6 atau 7, selama 1 – 3 bulan, termasuk Program Master Terapan di UDE, khususnya bagi mahasiswa D4 Transportasi dan Logistik, dan Program Master Terapan mahasiswa D4 semua bidang yang memiliki keterkaitan dengan bidang logistik setelah lulus dalam perkuliahan.