SV UGM Perkuat Kerjasama Bidang Transportasi Laut dengan PIP Semarang

PIP Semarang

Kamis (13/01), Sekolah Vokasi (SV) UGM mengunjungi Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang dalam rangka penandatanganan MoU dengan Direktur PIP Semarang. Sejalan dengan salah satu program pemerintahan Presiden RI Joko Widodo tentang pembangunan tol laut di Indonesia serta menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia, melalui program pemberdayaan masyarakat kurang mampu Kementerian Perhubungan (Kemenhub), PIP Semarang dipercayai untuk mendidik pemuda kurang mampu di Jateng dan DIY untuk tenaga kerja bidang kelautan, bekerjasama dengan Perguruan Tinggi yaitu Sekolah Vokasi UGM dan UNDIP untuk mempersiapkan calon peserta pelatihan dari masing-masing wilayah.

Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi yang berkesempatan turut hadir dalam acara tersebut ikut serta menyaksikan penandatanganan MoU antara Dekan SV UGM, Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc.,P.Hd., dengan Direktur PIP Semarang, Capt Wisnu Handoko M.Sc., M.IP.

“Indonesia saat ini tidak hanya dibanjiri produk impor, tapi juga tenaga kerja impor, hal ini tidak perlu disesali, tapi justru kita jadikan semangat untuk terus mengembangkan diri,” ungkap Budi Karya.

Melalui program kerja sama pelatihan tersebut, para pemuda yang berasal dari keluarga tidak mampu diharapkan dapat bekerja sebagai anak buah kapal. Direktur PIP Semarang mengungkapkan bahwa pelatihan dasar kelautan ini rencananya akan berlangsung selama 14 hari dengan materi basic safety training, security awarness training dan advance fire fighting training yang merupakan pelatihan dasar yang harus dimiliki pekerja kapal tingkat kelasi. Selain itu para peserta pelatihan ini juga akan mendapatkan fasilItas berupa modul pembelaran dan arusansi.

“Peserta juga akan dibuatkan sertifikat kelautan sebagai bukti kompetensi yang dimiliki dan akan ditawarkan kepada perushaan pelayaran sebagai tenaga kerja,”ungkapnya.

Radhian Krisnaputra selaku Plt. Wakil Dekan Bidang Kerjasama, Alumni dan Perencanaan Strategi, mengungkapkan bahwa kerja sama yang terjalin antara SV UGM dengan PIP Semarang nantinya akan mencakup 3 hal yaitu proses rekrutmen dan pembekalan calon peserta pelatihan kompetensi dasar kepelautan, sandwich program yaitu mendidik lulusan SV UGM prodi diploma teknik mesin dan teknik elektro untuk memperoleh sertifikat kompetensi Pelaut ATT-III (Ahli Teknika Tk.III), serta membuka kesempatan magang bagi para dosen SV UGM dalam bidang ilmu kemaritiman di kapal latih milik PIP Semarang.

PIP Semarang (9)