Siapkan Calon Pemimpin Masa Depan, SV UGM Gelar Workshop Kepemimpinan bagi Dosen Muda

Jumat (31/3), Sekolah Vokasi UGM menggelar acara Workshop Kepemimpinan dan Peningkatan Kapasitas Dosen Muda yang merupakan salah satu program kerja Plt. Wakil Dekan Bidang Keuangan SDM, Aset, dan Keuangan SV UGM. Dihadiri lebih dari 50 orang dosen muda SV UGM, acara ini bertujuan untuk mempersiapkan calon pemimpin SV UGM di masa mendatang serta memberi usulan tentang rencana pengembangan SV UGM hingga tahun 2037.

Dekan SV UGM, Wikan Sakarinto, M.Sc.,Ph.D., mengungkapkan bahwa SV UGM terus melakukan inovasi untuk menciptakan lulusan yang unggul dan berkualitas. Salah satunya dengan cara meningkatkan kompetensi tenaga pendidik atau dosen, dimana dosen harus memiliki sertifikasi kompetensi serta, pengalaman magang dan melanjutkan study S3 di Luar Negeri.

“kuncinya adalah inovasi, semua kurikulum di SV UGM wajib ada softskill nya” tutur Wikan.

Menghadirkan Drs. Tarsisius Hani Handoko, MBA., Ph.D., sebagai narasumber utama untuk menyampaikan materi leadership, acara cukup sukses membakar semangat para peserta sekaligus dapat memotivasi para dosen muda untuk terus mengembangkan diri serta tidak hanya mampu mengajar, tapi juga menginspirasi.

“Menjadi Dosen bukan hanya sekedar pekerjaan, tapi sebuah panggilan,” ungkapnya.

Hani Handoko juga menyampaikan bahwa seorang dosen harus memiliki motivasi kerja dengan head, hand, dan heart. Menurutnya, setiap dosen harus memberikan kontribusi tinggi dalam menjalankan misi dan mencapai visi serta tujuan organisasi dengan memiliki kompetensi dan komitmen untuk mencapainya.

Di akhir acara dilakukan sesi FGD, dimana para dosen membentuk sebuah kelompok yang terdiri 4 anggota dari Departemen yang berbeda-beda kemudian setiap kelompok diminta untuk membuat quickwin SV UGM dari tahun 2017 hingga 2037. Harapannya melalui kegiatan tersebut, para dosen muda memiliki impian atau capaian untuk berinovasi serta mampu mempersiapkan dan menjawab tantangan SV UGM di masa mendatang.

Tinggalkan Balasan