SV UGM dan PT Kompas Navigasi Indonesia Berkolaborasi, Dorong Masa Depan Industri Geospasial

Yogyakarta, 12 Agustus 2024 – Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (SV UGM) dan PT Kompas Navigasi Indonesia memperkuat kolaborasi mereka dalam pengembangan pendidikan dan penelitian di bidang geospasial. Hal ini ditandai dengan acara talkshow bertajuk “The Future of Geospatial Industry: Towards Sustainable Development of Indonesia” yang diadakan di Ballroom Lantai 2, Gedung Teaching Industry Learning Center (TILC) SV UGM.

penandatanganan dokumen kerja sama antara PT Kompas Navigasi Indonesia dengan Sekolah Vokasi UGM
PT Kompas Navigasi Indonesia juga memberikan hibah berupa GPS geodetik kepada SV UGM

Acara yang dihadiri oleh mahasiswa aktif Departemen Teknik Kebumian (DTK) angkatan 2024 ini menjadi ajang berbagi pengetahuan dan pengalaman mengenai masa depan industri geospasial serta perannya dalam pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Agenda diawali dengan seremoni penandatanganan dokumen kerja sama antara PT Kompas Navigasi Indonesia dengan Sekolah Vokasi UGM yang terdiri dari dokumen Nota Kesepahaman (MoU), Perjanjian Kerja Sama (PKS) dan Berita Acara Serah Terima (BAST) alat. Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan reward bagi mahasiswa DTK SV UGM yang memenangkan Lomba Sayembara Karya Tulis Ilmiah (KTI) Kompas 2024. 

Dalam sambutannya, Dr. Endang Soelistyowati, S.Pd., M.Pd. selaku Wakil Dekan Bidang Kerja Sama dan Alumni SV UGM mengucapkan selamat kepada para pemenang lomba karya tulis ilmiah dan mengapresiasi setinggi-tingginya kolaborasi yang telah dijalin antara PT Kompas Navigasi Indonesia dengan SV UGM. “Informasi geospasial adalah kunci pembangunan berkelanjutan, yang mendukung analisis perencanaan dan kebijakan. Sekolah Vokasi UGM sangat berterima kasih kepada PT Kompas Navigasi Indonesia atas dukungannya terhadap kegiatan Tridharma di DTK SV UGM. Semoga apa yang kita upayakan dapat terus berkembang dan membawa manfaat sebesar-besarnya” tutupnya. 

I Made Nugraha Jaya Wardana, S.T., selaku Chief Executive Officer PT Kompas Navigasi Indonesia
I Made Nugraha Jaya Wardana, S.T., selaku Chief Executive Officer PT Kompas Navigasi Indonesia

Hadir sebagai narasumber utama dalam acara ini, I Made Nugraha Jaya Wardana, S.T., selaku Chief Executive Officer PT Kompas Navigasi Indonesia, yang juga merupakan alumni dari Prodi D3 Teknik Geomatika DTK SV UGM angkatan 2010 “Terima kasih kepada SV UGM yang telah memberikan saya kesempatan untuk berdiri di sini dan berbagi dengan teman-teman sivitas akademika DTK. Sebagai alumni saya tentu merasa ada kebanggaan tersendiri” ujarnya.

Dalam acara ini, PT Kompas Navigasi Indonesia juga memberikan hibah berupa GPS geodetik kepada SV UGM sebagai bentuk dukungan nyata terhadap pengembangan pendidikan dan penelitian di bidang geospasial. Hibah ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam mengoperasikan teknologi survei modern yang menjadi salah satu fokus utama dalam pendidikan vokasi.

Selain itu, para peserta juga mendapatkan kesempatan untuk menyaksikan demo teknologi survei modern yang memberikan wawasan dan pengalaman langsung mengenai penggunaan teknologi canggih dalam industri geospasial.

Kolaborasi antara SV UGM dan PT Kompas Navigasi Indonesia ini mencerminkan komitmen kedua belah  pihak dalam mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya dalam bidang pendidikan berkualitas, inovasi, dan kemitraan. Diharapkan kerjasama ini dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan industri geospasial di Indonesia dan mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tantangan di masa depan.

Penulis: Departemen Teknologi Kebumian SV UGM & Bulan Seva

Editor: Humas SV UGM

Gambar: Dokumentasi Humas SV UGM

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*