Elsa Firlyani, Mahasiswi SV UGM Raih Penghargaan Peduli Difabel di Pilmapres Nasional 2024

Ikon SDGs 4 Pendidikan BermutuIkon SDGs 9 Infrastruktur, industri dan inovasiElsa Firlyani, mahasiswi program studi Manajemen Penilaian Properti Departemen Ekonomika dan Bisnis Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (UGM) angkatan 2021, berhasil meraih penghargaan khusus di ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional tahun 2024. Pilmapres atau Pemilihan Mahasiswa Berprestasi merupakan kompetisi mahasiswa yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional yang ada di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi setiap tahunnya. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan apresiasi kepada mahasiswa terbaik yang siap menjadi agen perubahan untuk membangun Indonesia yang lebih baik. Adapun peserta kegiatan ini terdiri dari mahasiswa perwakilan dari berbagai universitas di Indonesia. Melalui serangkaian proses seleksi, peserta yang berhasil lolos untuk tahap final terdiri dari 15 peserta program Diploma dan 16 peserta program Sarjana.

Elsa Firlyani, Mahasiswi SV UGM Raih Penghargaan Peduli Difabel di Pilmapres Nasional 2024
Elsa Firlyani, Mahasiswi SV UGM Raih Penghargaan Peduli Difabel di Pilmapres Nasional 2024

Di tahun ini, terdapat beberapa kategori penghargaan di ajang Pilmapres yang diselenggarakan di Universitas Negeri Gorontalo pada tanggal 24-28 Juli 2024. Salah satunya yaitu penghargaan khusus kategori difabel yang dimenangkan oleh Elsa Firlyani selaku wakil Mahasiswa Berprestasi Diploma Sekolah Vokasi UGM.

Selain sebagai wadah untuk memaksimalkan potensi diri dan melatih kegigihan, ajang Pilmapres ini juga menjadi sarana yang memungkinkan aspirasi para mahasiswa yang mewakili berbagai universitas di Indonesia ini menjadi lebih tersampaikan. Menurut Elsa,  melalui proses pembentukan portofolio capaian unggulan dan deskripsi diri, dirinya dapat lebih memahami misi pribadi yang mendukung pencapaian misi nasional dan internasional. Terlebih lagi, pembuatan produk inovatif mengajarkannya untuk menjadi lebih kritis dan inovatif dalam mengamati serta menyelesaikan masalah di lingkungan sekitar. “Mapres juga menilai berbagai aspek penting seperti kemampuan berpikir kritis, kerja sama, kreativitas, inisiatif, kepercayaan diri, kepemimpinan, kepedulian kepada sekitar, dan komunikasi. Kompetisi ini secara komprehensif membantu memaksimalkan potensi saya selama di perkuliahan dan memperluas dampak kebermanfaatan pada aspirasi saya di bidang ekonomi dan difabel.” ujarnya.

Perjuangan Elsa dalam mengikuti seleksi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi merupakan pengalaman yang sangat berharga dan penuh tantangan. Tidak hanya portofolio prestasi dan produk inovatif yang harus dipersiapkan, namun kesabaran dan kegigihan mahasiswa juga diuji dalam ajang prestise ini. Dari tahap seleksi di tingkat universitas hingga seleksi final nasional, mahasiswa peserta Pilmapres tentunya mendapatkan banyak ilmu dan wawasan baru. Bertemu dengan peserta dari berbagai daerah dengan latar belakang dan prestasi yang luar biasa juga membuat mereka semakin termotivasi untuk terus belajar dan berkembang. Selain itu, bimbingan dan masukan dari juri dan panelis sangat membantu dalam meningkatkan kualitas presentasi, produk inovatif, dan juga soft skill yang mumpuni untuk mendapat penghargaan di setiap kategori. Melalui kegiatan ini, mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan potensi diri dan memberikan kontribusi nyata sebagai bagian dari civitas akademika dan masyarakat luas.

Penulis: Nadiva Rizkita Agustina

Editor: Humas SV UGM

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*