Program Studi Ekonomika Terapan DEB SV UGM Selenggarakan Kuliah Umum “Peran, Peluang, Tantangan dan Kode Etik Profesi Penilai Properti”

Yogyakarta, Sabtu (1/9) — Departemen Ekonomika dan Bisnis (DEB) Sekolah Vokasi (SV) UGM menyelenggarakan acara Kuliah Umum di Food Park UGM yang bertemakan “Peran, Peluang, Tantangan dan Kode Etik Profesi Penilai Properti” dengan tujuan memberikan pengetahuan dan wawasan bagi mahasiswa baru Program Studi Ekonomika Terapan angkatan 2018. Materi kuliah umum yang diberikan dalam acara ini memiliki kaitan dengan profesi Penilai Properti dan prospek kerja di masa yang akan datang. Acara ini terselenggara berkat kerja sama dengan Masyarakat Profesi Penilai Indonesia (MAPPI) dan Pusat Pembinaan Profesi Keuangan (PPPK).

MAPPI adalah organisasi profesi penilai di Indonesia yang bersifat mandiri, nirlaba dan non politis yang berasaskan Pancasila dan berlandaskan UUD 1945 sebagai landasan konstitusional, Peraturan Perundang-undangan lainnya yang berkaitan langsung dan tidak langsung dengan Profesi Penilai sebagai landasan formal serta Keputusan Musyawarah Nasional sebagai landasan operasional.

Ketua Umum Masyarakat Profesi Penilai Indonesia, Bapak Ir. Okky Danuza, M.SC., MAPPI (Cert), selaku pembicara pertama dalam kuliah umum tersebut menyampaikan materi mengenai Peran, Peluang, Tantangan dan Kode Etik Profesi Penilai Properti. Pembicara yang kedua yakni Bapak Dr. Arie Wibowo selaku Kepala Bidang Pengembangan Profesi Keuangan, Pusat Pengembangan Profesi Keuangan Kemeterian Keuangan RI. Beliau menyampaikan materi mengenai Penilai Beregister.

Acara kuliah umum dilanjutkan dengan sharing bersama Alumni Prodi Ekonomika Terapan yaitu Ilham Surya Handika, A.Md yang kini bekerja sebagai staf KJPP AHDR dan Ghanis Dwi Hafidha, A.Md yang saat ini merupakan staf KJPP Doli Siregar. Diskusi ini berlangsung hangat, membahas pengalaman kuliah terkait penilai properti, prospek dan pengalaman kerja serta peran, peluang dan tantangan kerja sebagai penilai properti.

Setelah diselenggarakannya kuliah umum ini, mahasiswa dapat mengetahui lebihjauh  mengenai segala hal tentang profesi Penilai Properti maupun prospek kerja di masa yang akan mendatang.