Prodi Kepariwisataan SV UGM Menjalin Kerja Sama dengan Bukit Vista

Yogyakarta (14/9) — Sekolah Vokasi UGM telah menjalin banyak kerja sama dengan berbagai industri ataupun perusahaan. Kerja sama yang dijalin beragam, selama mengarah kepada masa depan institusi maupun mahasiswa Sekolah Vokasi. Kali ini, kerja sama diinisiasi oleh Program Studi (Prodi) Kepariwisataan UGM dengan Bukit Vista terkait kegiatan magang bagi mahasiswa Prodi Kepariwisataan.

Bukit Vista bergerak di bidang industri pariwisata serta meluncurkan produk properti yang berkelanjutan. Sebagai perusahaan manajemen properti, Bukit Vista mengelola lebih dari 300 properti unik, 9 akun Airbnb, dan mengumpulkan lebih dari 10.000 ulasan gabungan.

Dalam seremoni penjalinan kerjasama dengan SV UGM, Mr. Jing Cho Yang selaku CEO dari Bukit Vista mengawali acara dengan memberikan arahan dan penjelasan mengenai Bukit Vista dan tujuan dari kerja sama ini.

“Pengalaman saya di Airbnb mengubah cara saya berpikir tentang karir saya, ekonomi berbagi, dan membuka pintu baru di industri perhotelan. Di kehidupan sebelumnya, saya adalah insinyur listrik yang tidak bekerja, penjelajah dunia, pembuat film tambahan, agen realestat mewah, manajer proyek konstruksi hotel. Melalui proses perekrutan yang luar biasa, dan banyak keberuntungan, saya terpilih untuk memimpin pengembangan pasar untuk Airbnb di Indonesia pada tahun 2012,” ujar beliau.

Beliau menambahkan, “Airbnb adalah pasar dua sisi dan punya dua misi. Salah satunya adalah untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan, yang lainnya adalah mendapatkan lebih banyak wisatawan. Di Indonesia, pasar terbesar untuk wisatawan berada di Jakarta. Jadi program kami bekerja dengan pemberi pengaruh utama untuk membantu wisatawan baru merasa yakin tentang menggunakan Airbnb.”

Pada acara ini juga menghadirkan beberapa mahasiswa magang di Bukit Vista dan mereka menceritakan pengalamannya selama menjalani kegiatan magang. Ryan, salah satu dari mereka berkata, “Bukit Vista akan selalu terbuka dalam hal ilmu dan apapun kepada siapa saja, bahkan saat di sanapun, dengan bertemu banyak orang akan menambah sekali ilmu pengetahuan bagi diri kita sendiri.”

Selain Ryan, terdapat mahasiswi magang lain yang bernama Karisma dari S1 Kepariwisataan . Ia menjelaskan, “Biasanya di perusahaan, anak magang diberikan beberapa batasan, namun di Bukit Vista terasa tidak ada batasan sekat perbedaan antara anak magang dan staf sehingga kerjanya juga sangat menyenangkan. Bukit Vista juga secara langsung membantu masyarakat lokal untuk mengembangkan bisnis pariwisata di lingkungan mereka sendiri.”

Acara ini ditutup dengan sesi tanya jawab yang dilanjutkan dengan penandatangan Perjanjian Kerjasama oleh Bapak Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D. selaku Dekan Sekolah Vokasi dan Mr. Jing Cho Yang selaku CEO Bukit Vista.
(rev)