Closing Ceremony Chengdu Textile College (CDTC), China

Yogyakarta (18/10), Sekolah Vokasi mengadakan rangkaian acara closing ceremony untuk mahasiswi dan dosen dari Chengdu Textile College, China. Banyak dari mereka yang merasa waktu terasa cepat berlalu karena seperti baru kemarin mereka disambut. Pimpinan Sekolah Vokasi, Dosen serta beberapa Mahasiswa turut meramaikan acara tersebut.

Dekan Sekolah Vokasi, Bapak Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D., dalam sambutannya menyampaikan “Terima kasih telah hadir di Sekolah Vokasi dan UGM, semoga dengan kegiatan ini bisa memberikan kesan dan pengalaman berharga bagi kalian semua. Jangan lupa kembali lagi untuk menikmati kota Jogja dan Indonesia”.

Acara yang diselenggarakan di Hall Gedung Perpustakaan SV UGM terasa lebih hangat dengan penampilan tarian tradisional dari mereka. 10 mahasiswi yang bernama Liu Yi, Wei Linzhen, Li Fuqiao, Liao Xueying, Li Minxi, Huang Lei, Xiang Xianting, Han Maoqin, Xie Yanling, Bu Lifang yang berfokus pada hal Food Biotechnology dan Tourism English tekah mengikuti berbagai kegiatan perkuliahan di jurusan Agroindustri serta di Departemen Bahasa, Sastra dan Manajemen Budaya (DBSMB) SV UGM, selain itu beberapa juga ada yang mengambil konsentrasi di Departemen Ekonomika dan Bisnis. kemudian 2 Dosen  dari CDTC yaitu Ms. Liu Yanjung, Ms. Ren Xingyuan yang akan mengajar mengenai Construction/Architecture Engineering dan English.

Salah satu dosen dari CDTC mengatakan bahwa “Saya sangat takjub dengan Indonesia dan Jogja, saat saya berkeliling ke berbagai tempat sejarah di Jogja saya menemukan berbagai macam hal dan barang peninggalan yang sudah lama tercatat sebagai sejarah, siapa sangka ternyata beberapa barang tersebut juga ada di China, itu menjadi bukti bahwa Indonesia dan China sudah memiliki ikatan sejak lama. Kita harus meningkatkan dan menjaga hubungan kekeluargaan antara China dan Indonesia.”

Selanjutnya keseluruhan mahasiswi dari CDTC mempresentasikan apa yang telah mereka lakukan selama mengikuti kegiatan exchange program di Yogyakarta ini dan memaparkan mengenai kehidupan sehari-hari yang telah mereka lakukan. Mereka bercerita bahwa awalnya kesulitan dalam hal komunikasi di Jogja, karena mereka kurang paham dengan istilah-istilah umum jika mereka pergi tanpa didampingi oleh rekan Indonesia, namun lama kelamaan mereka mulai paham dan bisa berkeliling sendiri tanpa harus didampingi lagi.

Acara puncak dari Closing Ceremony ini adalah penampilan angklung yang memainkan lagu tradisional Indonesia mereka dengan menggunakan pakaian khas dari China yang berkolaborasi dengan Mahasiswa Bahasa Korea yang menggunakan pakaian tradisional Korea. Selain itu mereka juga menampilkan peragaan fashion show sekaligus mendeskripsikan dari masing-masing baju khas yang mereka kenakan.

Sebelum acara di tutup, Bapak Dekan dan Wakil Dekan memberikan sertifikat dan souvenir dari SV UGM kepada delegasi dari CDTC. Acara pun resmi ditutup dengan penampilan Bapak Dekan mengiringi Ms. Liu Yanjung dan Ms. Ren Xingyuan untuk menyanyikan lagu berbahasa China.