Serah Terima Bantuan APD dan Hasil Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat SV UGM kepada Dinas Kesehatan di DIY

Yogyakarta (29/5) – Pada masa pandemi Covid-19 saat ini, Sekolah Vokasi mendukung semaksimal mungkin kebutuhan baik secara medis/ pokok melalui beberapa kegiatan seperti penelitian, pengabdian maupun penggalangan dana dari sivitas akademika SV UGM. Hasil dari kegiatan-kegiatan tersebut selanjutnya disumbangkan kepada masyarakat sebagai wujud kontribusi dan kepedulian SV UGM menghadapi pandemi Covid-19. 

Pada hari Jum’at 29 Mei 2020 sekitar pukul 9.00 WIB dilakukan kegiatan penyerahan beberapa produk hasil kegiatan tersebut kepada stakeholder terkait. Kegiatan serah terima bantuan APD dan produk hasil kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dilakukan di SV UGM yang langsung diserahkan oleh Caretaker Dekan SV UGM, Prof. Dr. Ir. Djagal Wiseso Marseno, M.Agr., didampingi oleh plt. Wakil Dekan (WD) Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, Alumni, dan Hubungan Internasional, Dr. Silvi Nur Oktalina, S.Hut., M.Si., plt. WD Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Agus Nugroho, S.T., M.T., Manajer Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Dr. Setyawan Bekti Wibowo, S.T., M.Eng., serta Kepala Kantor Administrasi SV UGM, M. Nur Budiyanto, S.Kom., M.Eng., kepada Dinas Kesehatan Kabupaten DIY yang dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Kesehatan Kab. Sleman, drg. Atikah. N., perwakilan Dinas Kesehatan Kab. Gunungkidul, Priyanta Madya Satmaka, SKM, M.Kes., dan perwakilan Dinas Kesehatan Kab. Kulon Progo, drg. Hunik Rimawati, M.Kes. 

Serah Terima APD kepada Dinas Kesehatan Kab. Kulon Progo
Serah Terima APD kepada Dinas Kesehatan Kab. Gunungkidul
Serah Terima APD kepada Dinas Kesehatan Kab. Sleman

Pada serah terima ini, SV UGM memberikan Hasmat sebanyak 120 Paket untuk setiap kabupaten/kota yang ada di DIY, dana pengadaan Hasmat ini dari hasil donasi Sivitas Sekolah Vokasi UGM dengan total keseluruhan sebanyak 600 pack. Selain itu, untuk Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Dana SV UGM, memproduksi Wastafel Portabel tanpa sentuh yang terdiri dari Wastafel Sensor dengan Koordinator Ma’un Budiyanto, S.T., M.T., dosen dari Departemen Teknik Elektro dan Informatika (DTEDI), dibagikan dengan total sebanyak 30 Unit untuk 3 Kabupaten (Sleman, Gunungkidul dan Kulon Progo) serta Wastafel Pedal dengan 2 tipe yaitu untuk Wastafel berukuran besar dikoordinator oleh Dr.Sc.Adhy Kurniawan, S.T., dosen dari Departemen Teknik Sipil (DTS), dibagikan sebanyak 8 Unit dan untuk wastafel berukuran kecil dikoordinator oleh Dr. Ir. Felixtianus Eko Wismo Winarto, M.Sc.,Ph.D., dosen dari Departemen Teknik Mesin (DTM), dibagikan sebanyak 15 unit. Peletakan beberapa unit alat yang dibagikan sepenuhnya diserahkan langsung kepada Dinas Kesehatan masing-masing kebupaten. Tidak hanya peralatan, SV UGM juga membagikan leaflet yang berisi informasi terkait Covid-19 sebanyak 300 eksemplar untuk ke 3 kabupaten tersebut.

Selain beberapa produk yang telah dibagikan, SV UGM juga memproduksi beberapa alat teknologi tepat guna yang dapat digunakan dalam tanggap pandemic covid-19, seperti Box Sterilisasi Masker N95, face shield, aerosol treatment chamber, chamber disinfektan untuk sterilisasi APD dan beberapa aplikasi untuk mempermudah berbagai aktivitas dari rumah dalam upaya menjaga social distancing. Harapannya dari bantuan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan akan selalu mengedukasi masyarakat untuk menghadapi pandemi Covid-19 saat ini.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*