Siswa SMA Hingga Professional Public Speakers, Hadiri Webinar Public Speaking Prodi Sarjana Terapan Bahasa Inggris SV UGM

Yogyakarta (9/6) – Sekolah Vokasi UGM terus memberikan inovasi terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia di masa pandemi Covid-19 ini. Kali ini Sekolah Vokasi (SV) UGM mengadakan seminar via daring atau bisa disebut Webinar Series. Webinar Series ini sesuai dengan judulnya, memiliki beberapa seri seminar yang diagendakan oleh SV UGM dan didukung oleh beberapa Program Studi (Prodi) yang ada di SV UGM.

Webinar Series yang dilaksanakan pada hari kemarin, tanggal 9 Juni 2020 pukul 10.00 WIB – 12.00 WIB mengusung topik Public Speaking yang merupakan persembahan dari Prodi Sarjana Terapan Bahasa Inggris Departemen Bahasa, Seni dan Manajemen Budaya (DBSMB) SV UGM dengan judul “Public Speaking Skill for Effective Presentation”. Dari siswa, guru, dosen hingga para praktisi Public Speaking pun hadir dalam seminar ini.

Dalam agenda ini, mengundang dua pemateri yaitu Nabilla Kusuma Vardhani, S.I.P., M.A., Wahyu Kartika Wienanda, S.Pd. M.Pd., dan Andri Handayani, S.S., M.A., sebagai moderator. Nabilla Kusuma Vardhani yang akrab dengan sapaan Ms. Biya, saat ini berprofesi sebagai dosen di prodi Sarjana Terapan Bahasa Inggris DBSMB SV UGM mengenyam pendidikan di UGM dan mendapat gelar S1 & S2 di bidang studi Ilmu Komunikasi. Beliau sudah menggeluti dunia Public Speaking sejak menjadi mahasiswa hingga sekarang ini. Pada Periode 2018-2019, beliau pernah menjabat sebagai Manajer Unit Humas dan TIK SV dan pada periode ini diberi mandat sebagai Manajer Unit Pengembangan Kemahasiswaan SV. Pada kesempatan kali ini beliau menyampaikan kepada audiens tentang kiat-kiat dalam menyiapkan materi presentasi yang menarik dari pembuka hingga penutup presentasi. Tak kalah menarik, yaitu aspek-aspek pendukung penyampaian presentasi agar tersampaikan kepada audiens dengan tepat yang disampaikan oleh Mrs. Wahyu Kartika Wienanda atau akrab disapa Mrs. Tika. Beliau memiliki latar belakang pendidikan sebagai pengajar dengan gelar S1 dan S2 yang ia raih di Universitas Negeri Malang. Sama seperti Ms. Biya, beliau kini juga mengajar sebagai dosen di prodi Bahasa Inggris Sekolah Vokasi UGM.

Penyampaian Materi oleh Ms Nabilla
Penyampaian Materi oleh Mrs. Tika

Muncul pertanyaan-pertanyaan menarik dari para audiens pada sesi tanya jawab. Salah satu contohnya pertanyaan dari salah satu peserta seminar yang bernama Syawala, tentang kiat-kiat apa yang bisa dilakukan oleh para Public Speakers dalam menghadapi demam panggung. Dari penyampaian materi-materi yang diberikan oleh para pemateri dan jawaban akan pertanyaan pada sesi tanya jawab, Webinar Series yang dipersembahkan oleh prodi Sarjana Terapan Bahasa Inggris SV UGM ini memberikan pemahaman yang lebih luas akan tips dan trik dalam Public Speaking.

Adapun yang ingin mengetahui detail webinar bisa mengakses link berikut https://youtu.be/dKcKmyOGkiE

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*