BEM

Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Sekolah Vokasi yang disingkat BEM KM SV adalah organisasi mahasiswa intra kampus Sekolah Vokasi UGM yang merupakan lembaga eksekutif di tingkat fakultas. Dalam melaksanakan program-programnya, umumnya BEM KM SV memiliki beberapa bidang koordinator di strukturnya. Periode kepengurusan BEM KM SV berlangsung dari Januari-Desember selama 1 tahun.

BEM KM SV UGM menjadi wadah untuk berproses dan mengembangkan kemampuan mahasiswa sekolah vokasi, serta memiliki peran dalam menjalankan segala aspek ke tata pemerintahan. BEM KM SV UGM juga memiliki fungsi aspiratif dalam menampung dan menyalurkan aspirasi mahasiswa. Fungsi advokasi dalam memperjuangkan hak-hak mahasiswa. Dan fungsi koordinasi sebagai jembatan aspirasi dan komunikasi mahasiswa dengan pemangku kebijakan.

BEM KM SV UGM memiliki 3 bidang Koordinator yaitu:

  1. Koordinator Pengembangan Manusia dan Kelembagaan
    Berperan untuk mengatur masalah kerumah tanggan internal dan menjaga keutuhan internal BEM KM SV UGM, membawahi 3 bidang yaitu:

    1. Bidang Pemberdayaan Sumber Daya Manusia
      Bidang yang menerapkan fungsi kaderisasi dan regenerasi, juga bertanggung jawab sebagai pusat pemberdayaan seluruh pengurus dalam Kabinet BEM KM SV UGM dan permasalahan kerumah tanggaan.
    2. Bidang Media Informasi & Propaganda
      Bidang yang merupakan jembatan informasi dan publikasi dari BEM KM SV UGM kepada publik. Dan bertugas mendekatkan BEM KM SV UGM dengan mahasiswa melalui informasi, publikasi yang tentunya bermanfaat untuk mahasiswa vokasi
    3. Bidang Kewirausahaan dan Kerjasama
      Bidang yang ikut membantu dalam segi pendanaan mandiri BEM KM SV UGM serta dapat mengembangkan inovasi dan kreatifitas wirausaha
  2. Koordinator Pengembangan karya dan kesatuan Mahasiswa
    Berperan dalam memfasilitasi pengembangan potensi dan karya mahasiswa dan mewujudkan kesatuan mahasiswa vokasi lewati wadah berkarya mahasiswa, membawahi 3 bidang yaitu:

    1. Bidang Minat, Bakat, Seni, dan Kreatifitas
      Bidang yang menjadi wadah berkembangnya minat dan bakat kreatifitas mahasiswa dalam segi olahraga dan seni. Selain itu berperan dalam menggerakkan Unit Kegiatan Mahasiswa Sekolah Vokasi untuk mempersiapkan mahasiswa terbaik di bidangnya.
    2. Bidang Pengembangan Riset dan Teknologi
      Bidang yang merupakan wadah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang edukatif untuk meningkatkan pengetahuan di bidang keilmuan, riset dan teknologi
    3. Bidang Jaringan Internal
      Bidang yang ikut membantu menjaga dan mengeratkan kesatuan elemen mahasiswa vokasi, serta berfokus terhadap hubungan BEM kepada setiap elemen mahasiswa Sekolah Vokasi
  3. Koordinator Pengembangan Relasi & Advokasi
    Berperan dalam menciptakan jaringan penggerak untuk mengawal, berkomunikasi dan turun menanggapi permasalahan dan kebijakan dalam lingkup Eksternal maupun internal, membawahi 4 bidang yaitu:

    1. Bidang Hubungan Masyarakat
      Bidang yang memiliki peran dalam membangun komunikasi dan hubungan baik dengan berbagai pihak di lingkup eksternal untuk mendukung langkah gerak yang lebih luas dari BEM KM SV UGM.
    2. Bidang Sosial Masyarakat
      Bidang yang hadir untuk langkah nyata peduli dengan problematika dalam lingkup masyarakat, serta hadir untuk mewujudkan nilai Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya dalam pendidikan dan juga pengabdian yang ada dalam sektor masyarakat.
    3. Bidang Kajian, Advokasi, dan propaganda
      Bidang yang berperan dalam fungsi pengadvokasian atas hak dan kewajiban mahasiswa vokasi, dan juga berfokus pada pengkajian dan memberikan edukasi kepada publik tentang penyikapan dan pengawalan isu, kebijakan di sektor internal maupun eksternal Sekolah Vokasi UGM
    4. Bidang Kajian dan Nilai PTV
      Bidang yang hadir untuk kontribusi nyata atas permasalahan pendidikan vokasi di Indonesia, serta berperan dan berfokus pada pengkajian dan memberikan edukasi kepada publik tentang penyikapan dan pengawalan isu tentang permasalahan pendidikan vokasi di Indonesia.

 

This post is also available in: English