Dua Hari Digelar, Job Fair VDC SV UGM Banjir Peminat

Kamis (4/05/17), Pengunjung Job Fair Sekolah Vokasi UGM mencapai ribuan pengunjung di hari pertama, ditargetkan total 12.00-15.00 pengunjung dihari kedua. Mayoritas mereka merupakan mahasiswa tingkat akhir dan masyarakat umum yang sengaja mencari informasi lowongan kerja. Satu gelaran job fair telah sukses dilaksanakan, masih ada satu agenda serupa digelar di bulan November mendatang.

Melalui Vocational Development Center (VDC) job fair diselenggarakan ke-8 kalinya pada tanggal 3 – 4 Mei 2017  bertempat  di  Graha  Sabha Pramana UGM Yogyakarta Lantai 1. Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk membantu para lulusan dalam mendapatkan pekerjaan yang diharapkan. Sebanyak 51 perusahaan peserta Career Expo & Job Fair SV UGM periode Mei 2017 adalah perusahaan nasional dan multinasional yang telah dikenal oleh masyarakat. Berbagai posisi lowongan kerja akan banyak ditawarkan bagi para lulusan/calon lulusan SMA/SMK, Diploma, S1, dan S2.

“Tujuan utama kami memang untuk mengiringi wisudawan Mei 2017 Sekolah Vokasi, namun job fair ini terbuka untuk umum sehingga para pencari kerja umum lainnya terutama lulusan perguruan tinggi Jateng-DIY dapat mengikuti job fair,” ungkap IrHotma Prawoto S, MT., IP-Md selaku Manager VDC.

Lebih lanjut Radhian Krisnaputra, S.T., M.Eng selaku Wakil Dekan Bidang Kerjasama dan Perencanaan Strategik menyampaikan bahwa job fair hanya salah satu bentuk kerjasama yang SV UGM jalin dengan stakeholder.

“Selain menyediakan tempat recruitmen, VDC kini juga menyediakan SDM ahli untuk recruitmen sehingga pihak perusahaan tidak perlu repot. Tinggal datang saja ke Sekolah Vokasi kami akan siapkan,” tambahnya.

Dalam setiap kali penyelenggaraan job fair panitia mengikutsertakan banyak perusahaan. Mereka disediakan stan tempat untuk memberikan informasi lowongan kerja ke masyarakat. Dalam job fair ini, perusahaan melakukan  promosi, presentasi, pameran dan aktifitas rekruitmen langsung  di lokasi. Job fair juga sebagai sarana komunikasi dan jembatan antara pencari kerja dengan pengguna tenaga kerja. Melalui kegiatan ini diharapkan terjadi penempatan tenaga kerja sesuai dengan minat, bakat dan kemampuan para pencari kerja.