Mahasiswa SV UGM Kembangkan “PUBBA : Pop Up Book Berbasis Audio”

Mahasiswa Sekolah Vokasi UGM tanpa henti terus melakukan program kegiatan inovasi kreatif, salah satunya adalah yang dilakukan oleh tim Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) yang lolos didanai Dikti 2017 dengan judul “PUBBA (Pop Up Book Berbasis Audio): Media Pengembangan Character Building Anak Bangsa”. Usaha tersebut bergerak di bidang pendidikan anak berupa media pembelajaran inovatif untuk meningkatkan character building.

Ide ini berawal dari maraknya wacana tentang revolusi mental dan minimnya media pembelajaran untuk mengembangkan character building anak. Produk ini dirancang untuk anak Taman Kanak-kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) atau yang berusia 4-6 tahun. PUBBA adalah buku pop up dengan desain inovatif yang terdapat audio di dalamnya. Pada peluncuran produk pertama, PUBBA mengambil tema lingkungan yang memberikan pesan pada anak untuk lebih peduli pada lingkungan demi ketersediaan air di bumi.

Dengan adanya PUBBA diharapkan dapat meningkatkan antusiasme anak dalam belajar dan sebagai teman belajar yang menyenangkan. Selain itu dapat dijadikan sebagai media edukasi interaktif dan atraktif mengenai pendidikan karakter serta nilai positif yang bersumber pada jati diri bangsa.

Tim yang beranggotakan Destri Karlina (Sekolah Vokasi), Hasbiyansyah (Sekolah Vokasi), Tabiah (Sekolah Vokasi), Deni Haryono (Sekolah Vokasi), dan Iit Wakhidah (Psikologi), sedang melakukan persiapan untuk Monitoring dan Evaluasi (Monev) tingkat UGM pada tanggal 14 Mei mendatang. Dalam mendukung persiapan tersebut, tim PUBBA juga mendapat bimbingan rutin dari Fitri Damayanti Berutu, S.E., S.S., M.Sc selaku dosen pembimbing PKM. Beliau juga merupakan staf pengajar di Program Studi Manajemen Sekolah Vokasi UGM.