Seminar dalam Rangka Memperingati Bulan Alzeimer sebagai Project Based Learning DBSMB

Yogyakarta (12/9) — Departemen Bahasa, Seni, dan Manajemen Budaya (DBSMB) mengadakan Project Based Learning untuk memberikan mahasiswa pengalaman berharga sebelum memasuki dunia kerja. Hal tersebut diwujudkan dalam bentuk acara Seminar Gizi dalam memperingati bulan Alzheimer yang dilaksanakan pada tanggal 4 dan dilanjutkan pagelaran wayang di tanggal 10 September 2022. Dalam pelaksanaannya, acara ini digerakkan oleh Tim PBL yang beranggotakan 19 orang mahasiswa dibawah Center for Excellence in Culture and Tourism (CoE CT) SV UGM yang merupakan mahasiswa Departemen Bahasa, Seni dan Manajemen Budaya.

Seminar ini merupakan rangkaian kegiatan Melody Memory Project (MMP) sebagai wujud kolaborasi dari SV UGM, Stichting Alzheimer Indonesia Nederland, dan Balai Budaya Minomartani yang dilaksanakan dalam rangka mempromosikan kualitas hidup untuk mengantisipasi Alzheimer dengan berlatih berkesenian, seperti bermain gamelan. Acara yang menghadirkan para ahli gizi ini dimulai dengan cek kesehatan berupa cek tekanan darah, gula, pemberian vitamin dan konsultasi dengan dokter. kolaborasi lintas disiplin melalui MMP ini mendorong dosen dan mahasiswa agar lebih produktif, kreatif, solutif, dan inovatif dalam berkolaborasi bersama para mitra dalam menyelesaikan permasalahan di masyarakat. 

Dokumentasi Pagelaran Wayang

Wakil Dekan Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Dr. Wiryanta, S.T., M.T., turut memberikan sambutan pada acara tersebut. Beliau menyampaikan, “MMP ini memberikan wadah bagi mahasiswa untuk berkreasi sebagai media pembelajaran serta menjadi wadah ekspresi mahasiswa dalam berkesenian. Selain olah raga menggerakkan motorik, kegiatan berkesenian juga berolah rasa, dan bergerak ke dalam untuk olah jiwa”. Dr. Wiryanta berharap MMP ini mampu menginspirasi mahasiswa untuk berlatih latihan berbudaya, berlatih latihan berkehidupan dan bermasyarakat.

Penulis: Fatimah Azzahra