Penghargaan untuk Sekolah Vokasi di Malam Anugerah Insan UGM Berprestasi 2022

Sekolah Vokasi UGM mendapat penghargaan pada acara Malam Anugerah Insan UGM Berprestasi 2022 yang dilaksanakan pada hari Rabu, 02 November 2022. Malam Anugerah Insan UGM Berprestasi merupakan ajang penghargaan bagi mahasiswa, dosen, peneliti, tenaga pendidik, unit kerja, bahkan alumni. Melalui acara yang digelar di Grha Sabha Pramana UGM ini, terdapat 81 penghargaan yang diberikan untuk 12 kategori. Kategori tersebut adalah Alumni Berprestasi, Dosen dan Peneliti Berprestasi, Penghargaan bidang Penelitian, bidang Pengabdian kepada Masyarakat, dan Dosen Berprestasi.

Dalam ajang penghargaan ini, Sekolah Vokasi mendapatkan penghargaan di kategori Inovasi Pembelajaran Video Dokumenter yang diraih oleh Probo Santoso, S.Hut., M.Sc., Pengabdian Berbasis Teknologi Tepat Guna Terbaik UGM 2022 yang diraih oleh Lava Himawan, S.T., M.T. dari Departemen Teknik Sipil, Juara 3 Lomba Keprotokolan yang diraih oleh perwakilan dosen dan staf Bidang Kerjasama dan Alumni, dan juara Terbaik 3 Lomba Busana Adat Nusantara yang diraih oleh perwakilan dosen dan tendik pada Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2022..

Melalui  wawancara dengan salah satu dosen DTHV yang mendapatkan penghargaan, Probo Santoso, S.Hut., M.Sc., mengungkapkan bahwa penghargaan tersebut beliau dedikasikan untuk seluruh pejuang lingkungan dan pelestari hutan di seluruh Indonesia. Menurutnya, Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang luar biasa, namun pengelolaannya belum maksimal. Sedangkan, menjaga kelestarian hutan menjadi tanggung jawab bersama demi kebermanfaatan untuk masyarakat. 

Beliau juga berpendapat bahwa, “Hutan sagu memiliki potensi menjadi pangan alternatif yang merupakan tanaman asli Indonesia, sehingga keberadaan dan pengolahannya harus menjadi perhatian bersama. Bukan tidak mungkin, sagu menjadi bahan pangan pokok baik itu di Indonesia bahkan Dunia.”

Sumber: Humas UGM

Penulis: Fatimah Azzahra

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*