Yacaranda UGM Raih Juara 3 di PLN Innovation and Competition in Electricity 2022

Pada ajang PLN Innovation and Competition in Electricity (ICE) 2022, tim Yacaranda UGM mendapatkan Juara 3 Kategori Electrifying Agriculture Sub Kategori Peralatan yang diumumkan pada 13 Desember 2022. Sebelumnya, tim ini juga menorehkan prestasi pada kompetisi FESC IIMS 2022 sebagai Juara 1 Kategori Akselerasi. Yacaranda UGM merupakan tim mobil Universitas Gadjah Mada, hasil kolaborasi mahasiswa Sekolah Vokasi, Fakultas MIPA, dan Fakultas Teknik. Yacaranda melakukan riset mobil listrik pada tahun 2015 s.d 2019, yang kemudian  menciptakan mobil Super Sekip EV-1, Super Sekip EV-2 dan Super Sekip EV-3.

Pada kompetisi ini, Yacaranda UGM membuat karya berupa traktor listrik yang diberi nama E-Tram (Electric Tractor Multifunction). Pembuatan karya ini didasari oleh adanya kebutuhan sekaligus permasalahan dari traktor konvensional sehingga Yacaranda tergerak untuk berinovasi dalam memproduksi traktor elektrik. Harapannya, E-Tram dapat mempermudah pekerjaan para petani baik dari segi biaya dan suara. Karya tersebut juga dapat mengurangi polusi yang biasanya dihasilkan oleh traktor konvensional.

Kapten Tim Yacaranda UGM, Angelo Bayu berharap agar kedepannya tim Yacaranda UGM dapat  terus berinovasi dan melakukan riset terutama dalam bidang mobil balap. Meskipun begitu, tim ini tidak memungkiri apabila ada peluang perlombaan sejenis maka tim tidak akan segan untuk mencoba. Pasalnya, Yacaranda mengemban motto ‘push your limit’ dalam berkompetisi sehingga Tim tersebut harus selalu berani menangkap peluang dan mengambil resiko dalam membuat karya.

”Kita sebagai tim riset jangan pernah takut untuk mengambil resiko, setiap peluang pasti ada resikonya dan risiko tersebut harus diterima dan diselaraskan dengan tanggung jawab. Masalah juara atau tidak, kita kembalikan ke atas jadi, terus berkarya dan jadilah juara,” tutup Angelo Bayu.

 

Penulis: Fatimah Azzahra

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*