Mahasiswa English SV UGM Sukses Selenggarakan ‘Xtraordinary’ English Competition 2022

Yogyakarta, 24 Desember, 2022 — Himpunan Mahasiswa Vokasi Inggris (HIMAVI) berkolaborasi dengan Sarjana Terapan Bahasa Inggris (S.Tr BI) Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada telah menyelenggarakan kompetisi Bahasa Inggris tingkat nasional, yaitu XTENTION UGM 2022. Pada tahun keduanya, XTENTION hadir dengan mengusung tema “Optimalisasi Penggunaan Bahasa Inggris dalam Konteks Kehumasan di Sosial Media.” Tema besar tersebut kemudian dikemas dalam berbagai rangkaian lomba sejak 23 November – 23 Desember 2022. Target peserta ini tidak lain adalah SMA/sederajat dan gap year seluruh Indonesia. 

Selain sebagai kompetisi, Xtraordinary English Competition (XTENTION) 2022 menjadi salah satu sarana untuk mempromosikan salah satu Program Studi Sarjana Terapan yang ada di Sekolah Vokasi UGM, yakni Bahasa Inggris. Tidak sekadar memperebutkan hadiah yang menarik, XTENTION juga menjadi ajang para pelajar untuk mengekspresikan talentanya dalam 4 cabang lomba, yaitu Poster Design, Short Movie, News Anchor – TikTok Challenge, dan Speech Competition. Tahap pengumpulan karya dibuka pada 23 November – 12 Desember (Speech Competition) dan 17 Desember untuk cabang lain. Mekanisme tahap pengumuman juara disusun dengan rangkaian sharing session yang dilaksanakan melalui Virtual Zoom Meeting pada 23 Desember 2022. Sharing session menghadirkan 3 pembicara alumni serta mahasiswa aktif Sarjana Terapan Bahasa Inggris UGM diantaranya Putri Miralda (Community Creator Manager), Natasya Samuela (1st winner of South – East Asian Sales Competition (SEASAC) 2022), dan Nadiva Rizkita (Awardee IISMAVO Conventry University UK). Prestasi masing-masing pembicara berhasil menuai kekaguman para peserta yang turut hadir.

Antusiasme publik tergambar dari jumlah pendaftar yang tercatat lebih dari 700 peserta dari seluruh Indonesia, selain itu, XTENTION 2022 juga telah berhasil menjangkau pelajar asal Indonesia yang bersekolah di Kuala Lumpur. 741 pendaftar terbagi dalam keempat kategori lomba, diantaranya 319 News Anchor, 293 Poster Design, 96 Speech Competiton, dan 33 peserta Short Movie; tersebar dalam 130 kota, 10 pulau, dan 2 negara.

Kategori juara terbagi dalam tiga yaitu Juara 1, 2, dan 3, serta Juara Favorit. Berikut daftar perolehan juara kegiatan XTENTION UGM 2022:

Poster Design: Juara 1 Ariz Zakaria Fadhil (SMK Muhammadiyah 2 Surabaya); Juara 2 Anindya Aisyah Wibowo (Global Prestasi School); Juara 3 Tio Hadi Saputra (Gapyear SMKN 1 Batusangkar); Juara Favorit: Mohammad Rezky Setiawan (SMAN 1 Krian).

Short Movie: Juara 1 Possibility by Aysar Afdhillah Akbar (SMAIT Albiruni Makassar); Juara 2 Sincere by Syafi Wibowomukti Suryokusumo, Naufal Prasidha, Muhammad Abyndra (SMA Negeri 5 Bogor, SMA Negeri 2 Cibinong); Juara 3 Wandering by Kadek Wikan Praditya Ardika Putra (SMK TI Bali Global Denpasar); Juara Favorit Promise by Gadi Failaka (SMK Negeri 16 Jakarta).

News Anchor TikTok Challenge: Juara 1 Chaya Rahma Putri (SMAN 1 Pati); Juara 2 Victory Kamilio Hadi (SMAN 8 Yogyakarta); Juara 3 Najwa Yasmin Ridha Pramesti (SMAN 8 Malang); Juara Favorit Asmara Zaneta Putri Harista (SMAN Taruna Nala Jawa Timur).

Speech Competition: Juara 1 Armelle Kaitlyn Huang (SMA Katolik Sang Timur Jakarta); Juara 2 Komang Raditya Baswara Pinatih (SMAN 1 Denpasar); Juara 3 Chaya Rahma Putri (SMAN 1 Pati); Juara Favorit Diana Daiva Griselda Cloris (SMAN 1 Blahbatuh).

Para pemenang mendapatkan uang pembinaan sesuai kategori juara dan e-sertifikat. Peserta yang belum berkesempatan juara pun mendapatkan e-sertifikat sebagai kontributor. 

Rangkaian kegiatan XTENTION UGM 2022 secara resmi diakhiri oleh sambutan dari Mr. Ahmad Mu’am, S.S., M.Sc., selaku Kaprodi Bahasa Inggris yang berpesan kepada para peserta bahwa kegiatan ini menjadi ajang menyapa calon mahasiswa ke UGM terkhusus Prodi Sarjana Terapan Bahasa Inggris dan sekaligus berterima kasih atas keikutsertaannya, “Terima kasih kepada semua pihak yang mendukung kesuksesan berjalannya XTENTION pada tahun ini. Meskipun nanti masih ada yang belum berkesempatan untuk juara, mungkin masih ada makna di dalamnya dan manfaat yang bisa diambil.”

 

Penulis: Hanifah – Humas XTENTION 2022

Editor: Humas SV

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*