Alibaba Cloud Gandeng Sekolah Vokasi UGM dalam Program Alibaba Smart Scholarship

Jakarta (10/1) — Wakil Dekan Bidang Kerjasama dan Alumni Sekolah Vokasi UGM, Dr. Endang Soelistiyowati, M.Pd. memenuhi undangan PT. Alibaba Cloud Indonesia menghadiri Tech for Innovation 2023 Alibaba Cloud Developer Summit yang diselenggarakan di The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place. Satu perwakilan dosen dari Departemen Teknik Elektro dan Informatika Sekolah Vokasi UGM, Anni Karimatul Fauziyyah, S.Kom., M.Eng., juga turut hadir dalam acara tersebut. Mengusung tema “Tech for Innovation”, Developer Summit ini diselenggarakan sebagai festival bagi para pengembang, teknolog, dan para founders teknologi IT dari Indonesia dan negara Asia Tenggara lainnya sebagai bentuk kepedulian Alibaba Cloud untuk ikut berperan aktif dalam memajukan dunia digital di Indonesia. 

Tech for Innovation 2023 Alibaba Cloud Developer Summit sendiri dibuka dengan sambutan dari Penasihat Khusus Menteri Komunikasi dan Teknologi Informasi Republik Indonesia, Dedy Permadi, Ph.D dan Dr. Wang Jian, selaku pendiri Alibaba Cloud, anggota Chinese Engineering Academy. Selain itu terdapat beberapa pembicara dalam plenary session, antara lain Selina Yuan selaku Wakil Presiden Grup Alibaba & Presiden Internasional Alibaba Cloud Intelligence, Raymond Xiao selaku Kepala Solusi dan Arsitektur Industri Internasional, Alibaba Cloud Intelligence, Lidong Bing selaku Direktur Teknis, Alibaba DAMO Academy, Alex Walden selaku CEO Ververica, dan masih banyak lagi. Pada sesi diskusi panel dengan tema “How will cloud technologies shape the new era of engineering?” juga terdapat 5 pembicara yang dihadirkan baik dari kalangan industri maupun akademisi. 

Dalam acara tersebut, Sekolah Vokasi UGM merupakan salah satu Key University Partners Alibaba Cloud yang ikut meresmikan secara simbolis program Alibaba Smart Scholarship bersama dengan BINUS, Universitas Indonesia, dan Selina Yuan selaku Wakil Presiden Grup Alibaba & Presiden Internasional Alibaba Cloud Intelligence. Alibaba Smart Scholarship adalah Program pembinaan bakat digital yang melibatkan beberapa Perguruan Tinggi di Indonesia dalam bentuk magang untuk mahasiswa agar mendapatkan pengalaman profesional dunia nyata dalam industri komputasi awan. Melalui program ini setiap tahunnya Alibaba Smart Scholarship akan memberikan kesempatan kepada 20 mahasiswa dari beberapa mitra Perguruan Tinggi untuk mengikuti magang di beberapa bidang pekerjaan, antara lain Solution Architect, pengembangan bisnis dan pemasaran. 

Kegiatan kerjasama antara Sekolah Vokasi UGM dengan Alibaba telah dijajaki pada tahun 2021 dalam bentuk sertifikasi Training of Trainers ACA (Alibaba cloud association) dan ACP (Alibaba Cloud Professional) yang diikuti dua (2) dosen Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Dr. Ronald Adrian, S.T., M.Eng. dan Anni Karimatul Fauziyyah S.Kom., M.Eng. Sertifikasi ini sangat menunjang Mata kuliah Komputasi Awan pada prodi Teknologi Rekayasa Internet. Kedua dosen tersebut juga sudah dapat memberikan asesmen sertifikasi ACA dan ACP kepada mahasiswa selama 2 semester berturut-turut. 

Di sela-sela agenda Tech for Innovation 2023, Dr. Endang Soelistiyowati, M.Pd. berkesempatan berjumpa Dr. Wang Jian bersama beberapa perwakilan dari Universitas lain untuk mendiskusikan peluang kerjasama yang lebih luas antara PT. Alibaba Cloud dan Sekolah Vokasi UGM.  

Penulis: Humas SV UGM

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*