Departemen Teknik Sipil Sekolah Vokasi UGM Resmikan Jalinan Kerjasama dengan Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak

Yogyakarta, 19 Januari 2023, Sekolah Vokasi UGM melaksanakan seremoni penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWS SO) di Ruang Rapat Gedung Darusslan Departemen Teknik Sipil SV UGM. Penandatangan Kerja Sama (PKS) tersebut bertujuan untuk mempererat kerjasama yang telah lama terjalin dalam Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat di bidang Sumber Daya Air antara Departemen Teknik Sipil dan Departemen Teknologi Kebumian dengan Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWS SO). Selain itu, Penandatangan Kerja Sama (PKS) ini juga bertujuan untuk memperlancar Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) bagi mahasiswa Departemen Teknik Sipil dan Departemen Teknologi Kebumian.

Seremoni penandatanganan perjanjian kerja sama ini dihadiri langsung oleh Dr.-Ing. Ir. Agus Maryono selaku Dekan Sekolah Vokasi, Dr. Endang Soelistiyowati, M.Pd. selaku Wakil Dekan Bidang Kerja Sama dan Alumni, Dr. Wiryanta, S.T., M.T.  selaku          Wakil Dekan Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Dr.Eng. Iman Haryanto, S.T., M.T selaku Ketua Departemen Teknik Sipil beserta perwakilan dosen Departemen Teknik Sipil, dan perwakilan Dosen Departemen Teknologi Kebumian. Sedangkan dari pihak mitra, ikut hadir dalam acara tersebut antara lain, Dr. Dwi Purwantoro S.T., M.T. selaku Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak, Drs, Ade Satyadharma, M.Si selaku Kepala Bagian Umum dan Tata Usaha, Shakti Rahadiansyah, ST.,  M.Sc selaku PPK Perencanaan dan Program, Rr. Vicky Ariyanti, S.T., M.Sc., P.hD. selaku Subkoordinator Pengendalian Pelaksanaan Irigasi dan Rawa, beserta tim lainnya.

Ketua Departemen Teknik Sipil, Iman Haryanto, S.T., M.T dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih atas segala dukungan dari Balai Besar Wilayah Serayu Opak dan berharap dengan dilakukannya Penandatangan Kerja Sama (PKS) semoga dapat tercipta bentuk-bentuk kerjasama yang lebih baik lagi khusunya bagi mahasiswa Departemen Teknik Sipil dan Departemen Teknologi Kebumian, Sekolah Vokasi UGM.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Dekan Sekolah Vokasi UGM, Dr.-Ing. Ir. Agus Maryono. Beliau menyampaikan bahwa BBWS SO telah banyak menjalin Kerjasama dengan Sekolah Vokasi UGM sebelum kegiatan PKS ini. BBWS SO juga sering mendukung beberapa kegiatan Sekolah Vokasi khususnya Departemen Teknik Sipil dan Departemen Teknologi Kebumian, mulai dari kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang sumber daya air.

Dalam sambutannya beliau juga menyatakan, “Kerjasama dengan praktisi membuat mahasiswa semakin semangat belajar untuk mengimplementasikan ilmu di bangku perkuliahan ke lapangan. Mahasiswa akan menemukan masalah-masalah yang riil ketika di lapangan, dan menemukan solusi yang terbaik dengan didampingi langsung oleh praktisi. Mahasiswa harus pro-aktif untuk memberikan inovasi ketika magang atau berkegiatan dengan mitra.”

Sebelum Perjanjian Kerja Sama resmi ditandatangani oleh pihak Sekolah Vokasi UGM maupun mitra, Kepala BBWS SO juga turut memberikan sambutan. Beliau menyampaikan bahwa senang bisa bekerja sama dengan Sekolah Vokasi UGM khususnya Departemen Teknik Sipil, karena beliau merupakan salah satu alumni di DTS SV UGM. Beliau juga menyampaikan bahwa dunia praktisi kerja sangat membutuhkan mahasiswa vokasi yang memang disiapkan untuk berkontribusi di dunia kerja. Beliau juga memberi banyak peluang kepada mahasiswa Sekolah Vokasi UGM untuk belajar dan ikut serta dalam proyek-proyek BBWS Serayu Opak.

Penulis: Safitri Dwi Lestari

Editor & Dokumentasi: Humas SV

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*