Mahasiswa DTM SV UGM Jadi Salah Satu Delegasi Indonesia dalam Young ASEAN Leaders Policy Initiative di Bangkok, Thailand

Marhippu Immanuel Hutagaol dari Departemen Teknik Mesin (DTM) Sekolah Vokasi UGM bersama 2 (dua) mahasiswa UGM menjadi bagian dari Delegasi Indonesia dalam Young ASEAN Leaders Policy Initiative (YALPI) 2023 pada 5-10 Januari di Chulalongkorn University, Bangkok, Thailand. Selain Marhippu, Mahasiswa lainnya yaitu I Putu Gede Eka Praptika dari Fakultas Ilmu Budaya (FIB) dan Wiweko Rahadian Abyapta dari Fakultas Hukum. “Setelah melalui proses seleksi yang cukup ketat, kami bertiga terpilih menjadi bagian dari Delegasi Indonesia dalam forum ini,” kata Marhippu saat wawancara, Senin (13/2).

Marhippu Immanuel Hutagaol (tengah) bersama 2 Mahasiswa UGM

YALPI 2023 merupakan forum kepemimpinan yang mendorong para generasi muda ASEAN dalam memahami dan berkontribusi aktif dalam proses pembuatan kebijakan di nasional hingga regional. Putu Gede menuturkan, YALPI 2023 ini melibatkan 58 delegasi dari negara anggota ASEAN, Korea Selatan, hingga Hongkong dalam proses pembuatan rekomendasi kebijakan yang didasari dari sudut pandang kritis pemuda. “Melalui forum ini kami dapat belajar untuk menganalisis isu-isu kritis untuk menemukan berbagai resolusi ideal melalui proses pembuatan rekomendasi kebijakan. Terdapat dua hal yang menjadi fokus kami yakni mengenai digital inclusion dan food security baik dalam lingkup nasional maupun global,” paparnya.

Secara jangka panjang, YALPI 2023 menjadi wadah untuk menempa calon pemimpin-pemimpin ASEAN bahkan dunia dalam upaya menanggulangi berbagai permasalahan sosial-ekonomi di masyarakat. “Dalam kesempatan ini kami juga memaparkan dan menyerahkan rekomendasi kebijakan yang berfokus pada penanganan isu digital inclusion dan food security kepada representasi ASEAN Secretariat melalui Manager of ASEAN Food Security Information System Secretariat,” tambah Wiweko. 

 

Kontributor: Marhippu Immanuel Hutagaol / I Putu Gede Eka Praptika/ Wiweko Rahadian Abyapta

Editor: Humas SV UGM

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*