Penjajakan Kerjasama SV UGM dengan PT. Riau Andalan Pulp and Paper

Sejak Selasa hingga Kamis, 2-4 Mei 2023, Pimpinan Sekolah Vokasi UGM memenuhi undangan dari PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) untuk melakukan kunjungan industri di Pangkalan Kerinci, Riau. Dalam Kunjungan industri ini, Dekan Sekolah Vokasi UGM, Dr.-Ing.Ir. Agus Maryono didampingi oleh Wakil Dekan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Dr. Wiryanta, dan Wakil Dekan Bidang Kerjasama dan Alumni, Dr. Endang Soelistiyowati, M.Pd. Rombongan diterima oleh Thomas Handoko, selaku General Manager Strategic Human Resources PT. RAPP, beserta jajarannya. 

Kegiatan yang dilakukan selama 3 hari ini merupakan salah satu aksi nyata guna menjalin kerjasama dengan mitra industri Sekolah Vokasi UGM. Sekolah Vokasi UGM terus melakukan eskalasi jumlah mitra industri untuk membantu Sekolah Vokasi UGM mewujudkan aksi kolaboratif pada bidang industri. Adapun PT. RAPP merupakan anak perusahaan dari Asia Pacific Resources International Holdings Limited, atau yang lebih sering dikenal dengan April Group, yang menjalankan salah satu pabrik pulp terbesar di dunia. 

Dalam kunjungan industri ini, terdapat  banyak tempat yang ditinjau, antara lain RGE Technology Center, KTC, Nursery, ALI, Paper One Gallery, Rayon & APY Gallery, APY & APY Gallery, dan Solar Panel. Selain itu, ada banyak hal yang didiskusikan antara Pihak Sekolah Vokasi UGM dan  PT. RAPP, antara lain terkait Pengabdian kepada masyarakat, penerimaan mahasiswa baru jalur Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK), kerjasama dalam pembelajaran, serta kolaborasi dalam bentuk joint research, pelatihan, dan joint production untuk Teaching Factory di Sekolah Vokasi UGM. 

 Dari diskusi yang dilakukan, terdapat beberapa potensi kerjasama yang bisa dikembangkan. Untuk program Pengabdian kepada Masyarakat yang dimiliki  Sekolah Vokasi UGM dan Program Community Development yang dimiliki oleh PT. RAPP dapat  dilaksanakan dengan skema pendanaan bersama. Terkait skema kerjasama jalur PBUK di Sekolah Vokasi UGM, PT. RAPP akan membidik lulusan baik SMA/SMK yang berada di Kota Pekanbaru  yang berprestasi untuk dikirim melanjutkan studi di Sekolah Vokasi UGM. Terkait kerjasama di bidang pembelajaran, Sekolah Vokasi UGM menawarkan kesempatan program Praktisi Mengajar kepada  PT. RAPP sebagai pengajar untuk mengajar baik secara daring maupun luring di beberapa departemen di Sekolah Vokasi UGM. 

Dalam hal kolaborasi, kolaborasi untuk menyelesaikan masalah waste dengan teknologi informasi dapat dikembangkan antara kedua pihak dengan metode joint research, project, maupun community development. Dalam diskusi ini, PT. RAPP juga menyetujui diadakannya kerjasama berupa pelatihan guna melakukan kolaborasi yang bersifat lebih luas lagi yaitu kepada masyarakat umum seperti pelatihan untuk perubahan mindset dan softskills bagi masyarakat Kulon Progo, Yogyakarta maupun pelatihan lainnya yang akan didiskusikan lebih lanjut.  Kerjasama inovatif juga akan dikemas dalam bentuk joint produksi (Production Line Industry) berupa penyediaan TEFA. Beberapa tema yang telah didiskusikan bersama untuk TEFA yaitu Sedot Debu untuk Potongan Kayu dengan Departemen Teknik Mesin (DTM); Nursery: Kultur Jaringan dengan Prodi Pengelolaan Hutan, Departemen Teknologi Kehutanan dan Veteriner (DTHV); Downstream Crake Oil dengan Prodi Pengembangan Produk Agroindustri, Departemen Teknologi Kehutanan dan Veteriner ( DTHV); dan Cyber Security dengan Departemen Teknik Elektro dan Informatika (DTEDI). Dalam waktu dekat, pembahasan kerjasama yang lebih spesifik akan dilakukan antara Sekolah Vokasi UGM dan PT. RAPP. 

Penulis : Dhea Chornelia Pretty Yashinta

Editor : HUMAS Sekolah Vokasi UGM