Sekolah Vokasi Raih Ke-2 Terbanyak se-UGM Lolos Pendanaan PKM 8 Bidang Tahun 2023

Yogyakarta (20/6) –  Pada tahun ini, Universitas Gadjah Mada berhasil meraih pendanaan proposal terbanyak se-Indonesia untuk Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2023 dari Direktorat Jenderal Pendidikan, Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Total sebanyak 282 proposal mahasiswa UGM lolos pendanaan PKM tahun 2023. Diantara 282 proposal tersebut, Sekolah Vokasi berhasil berpartisipasi dengan jumlah 29 proposal yang lolos pendanaan. Angka ini menjadikan Sekolah Vokasi UGM menempati urutan ke-2 yang lolos pendanaan PKM se-UGM.

Hal ini merupakan momentum yang sangat membanggakan dengan melihat eskalasi lolos pendanaan PKM yang semakin bertambah setiap tahunnya. Proposal dari Sekolah Vokasi UGM yang lolos pendanaan tahun ini pun mencakup beberapa bidang kegiatan PKM seperti PKM-K, PKM-KC, PKM-KI, PKM-PI, PKM-RE, PKM-RSH, dan PKM-VGK. Seluruh proposal yang lolos ini memiliki berbagai macam judul hasil kolaborasi antar mahasiswa, dosen pembimbing, dan pihak lainnya yang menjadikan ide-ide tersebut menjadi sebuah rancangan inovasi yang beragam. 

Fani Pramuditya, S.E., M.B.A. selaku Manajer Unit Pengembangan Kemahasiswaan Sekolah Vokasi UGM menyampaikan kesannya yaitu “Kami sangat bangga atas prestasi adik-adik mahasiswa. Karena ini membuktikan bahwa kolaborasi dan sinergi antar mahasiswa dengan background dan asal departemen yang berbeda dapat berjalan dengan baik.”

Ia juga menyampaikan bahwa dengan semakin banyaknya prestasi mahasiswa di tingkat PKM ini dapat memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa khususnya untuk membangun jiwa kewirausahaan, meningkatkan kemampuan komunikasi, serta bekerja dalam tim. Adapun tahap penentuan dari PKM ini yaitu berada pada PIMNAS. PIMNAS atau Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional ini merupakan arena uji kompetensi sekaligus kemampuan bagi para mahasiswa untuk mempresentasikan hasil gagasan di depan para tim penilai. Fani Pramuditya, S.E., M.B.A berharap untuk kedepannya semoga tim yang lolos tahun ini dapat lolos hingga PIMNAS dan nantinya dapat memotivasi mahasiswa lainnya di Sekolah Vokasi UGM. 

Penulis : Dhea Chornelia Pretty Yashinta

Editor : HUMAS SV UGM

Sumber Info : PKM Center UGM