2 Mahasiswa Sekolah Vokasi UGM Berhasil Meraih Juara Terbaik Nasional 2 dalam Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan (KBMK) 2023

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dan IPMI International Business School menyelenggarakan putaran final Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen, dan Keuangan (KBMK) tahun 2023. Putaran final yang digelar di Kampus Sekolah Tinggi Manajemen IPMI, pada 7 – 11 Agustus lalu dibagi menjadi lima kategori, yakni Bidang Perencanaan Bisnis, Bidang Riset Investasi, Bidang Keuangan Audit Investigatif, Bidang Komersialisasi Riset dan Teknologi Tepat Guna, serta Bidang Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Pada ajang kompetisi ini, tiga mahasiswa Universitas Gadjah Mada turut berkontribusi dalam putaran final. Diantaranya adalah M. Davit Rivaldo (Akuntansi Sektor Publik DEB SV 2020), Dai Malik Haryoko (Akuntansi Sektor Publik DEB SV 2020), dan Haris Nur Rahmawati (Akuntansi FEB 2020). Diantara ketiga mahasiswa tersebut, terdapat 2 mahasiswa yang berasal dari Departemen Ekonomika dan Bisnis (DEB) Sekolah Vokasi UGM. Tim dari Universitas Gadjah Mada ini berhasil meraih Juara Terbaik Nasional 2 dalam ajang KBMK.

Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan (KBMK) 2023 ini merupakan ajang kompetisi bergengsi dan prestisius di bidang ilmu bisnis, manajemen, dan keuangan bertujuan untuk menciptakan talenta yang memiliki kepakaran di bidang analisis keuangan, manajemen, dan bisnis untuk mengevaluasi kemampuan akademik dan nalar mahasiswa dalam bidang ilmu serta upaya untuk mendekatkan kemitraan antara akademisi, dunia usaha dan pemerintah. 

Pada tahun ini KBMK mengangkat tema “Manifestasi Konsep ESG (Environmental, Social, and Governance) Dalam Mendukung Chairmanship Indonesia  di ASEAN Tahun 2023 untuk Pengembangan Ekonomi Biru dan Penguatan Pembangunan Maritim di Kawasan Indo Pasifik dalam Kerangka Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan” dengan rangkaian kegiatan dimulai dari proses seleksi hingga penutupan dan penganugerahan dalam kurun waktu selama 4 bulan.

Kegiatan KBMK ini mendapatkan antusiasme yang cukup tinggi, dibuktikan dengan jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini yaitu sebanyak 90 tim delegasi dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Dengan tingginya minat dan antusiasme dari mahasiswa, proses yang dilalui pun memiliki beberapa tahapan. Proses seleksi diawali dengan seleksi administrasi, pengiriman jawaban atas kasus yang diberikan, penilaian , pembuatan video presentasi, dan dilanjutkan dengan babak final. Babak  final ini diikuti oleh tim yang lolos penilaian. Pada tahapan ini, terdapat  dua tahap yaitu Semifinal  dan Grand Final. Setelah presentasi, tahapan selanjutnya adalah Grand Final. Pada babak Grand Final, peserta akan mengerjakan tugas tambahan khusus dari juri yang bersifat impromptu untuk diselesaikan dalam jangka waktu 11 jam sejak kasus dirilis pada portal masing-masing tim. Proses penilaian pada rangkaian kegiatan kompetisi hingga babak Grand Final di tingkat nasional dilakukan oleh tim yang terdiri dari kelompok akademisi, praktisi bisnis, dan pemerintah/BUMN/asosiasi.

(dari kiri ke kanan) M. Davit Rivaldo (Akuntansi Sektor Publik DEB SV 2020), Haris Nur Rahmawati (Akuntansi FEB 2020) dan Dai Malik Haryoko (Akuntansi Sektor Publik DEB SV 2020)

Tim dari Universitas Gadjah ini berhasil melewati seluruh tahapan hingga pada akhirnya dapat meraih gelar Juara Terbaik Nasional 2. Adapun M. Davit Rivaldo, Dai Malik Haryoko, dan Haris Nur Rahmawati mengatakan motivasi mereka mengikuti ajang KBMK ini, “KBMK merupakan ajang kompetisi bergengsi dan prestis di bidang ilmu bisnis, manajemen, dan keuangan bagi mahasiswa dari perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki minat di bidang tersebut. Selain itu, kompetisi ini menjadi sebuah kesempatan bagi kami untuk mencoba hal baru dengan menyelesaikan fraud yang terjadi dalam kasus-kasus yang terjadi di Indonesia sebagai bahan latihan untuk mempersiapkan karir di masa depan.”

Mereka juga menyampaikan kesan pesan dalam mengikuti KBMK yang berhasil meraih Juara Terbaik Nasional 2 ini, “Kesan dalam mengikuti lomba ini yaitu selama rangkaian seleksi berlangsung, terdapat tantangan yang dihadapi yaitu semua anggota tim sedang menjalankan Kuliah Kerja Nyata (KKN) selama proses seleksi berlangsung dengan berbagai kendala dan keterbatasan. Selain itu, dalam pelaksanaan grand final, tim diberi waktu sekitar 11 jam untuk menyelesaikan case audit investigatif untuk dipresentasikan di hari berikutnya. Hal tersebut menjadi pengalaman bagi saya pribadi untuk disharingkan. Pesannya yaitu semoga UGM terus bersinar dengan juara dari para delegasinya dan semangat untuk teman teman yang akan mengikuti kompetisi ini tahun depan dengan mempersiapkan mental, fisik, dan materi sebagai faktor kesuksesan dalam kompetisi ini. kompetisi ini sangat bergengsi di tingkat nasional karena diikuti oleh mahasiswa di seluruh Indonesia yang memiliki minat untuk mengembangkan kreativitasnya dalam bidang keuangan, manajemen, dan bisnis. “

Dengan tahapan-tahapan yang telah dilalui oleh M. Davit Rivaldo, Dai Malik Haryoko, dan Haris Nur Rahmawati ini, membuktikan bahwa usaha-usaha yang telah dilakukan tidak akan mengkhianati hasil. Dengan meraih Juara Terbaik Nasional 2, para mahasiswa ini secara langsung membuktikan bahwa semangat dan usaha adalah langkah konkret kita dalam melalui apapun.  

Penulis : Dhea Chornelia Pretty Yashinta 

Editor : HUMAS SV UGM

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*