Sekolah Vokasi UGM Gelar Rapat Terbuka Senat dalam Rangka Dies Natalis ke-14

Yogyakarta – Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (UGM) merayakan Puncak Dies Natalis ke-14 dengan menyelenggarakan Rapat Terbuka Senat pada Jumat (27/10) di  Ballroom lt. 2 Gedung Teaching Industry Learning Center Sekolah Vokasi UGM dengan mengusung tema “Kolaborasi, Inovasi, Solusi, dan Hilirisasi untuk Kemanusiaan dan Kesejahteraan”. 

Acara tersebut dihadiri oleh Ir. Rachman Arief Dienaputra, M.Eng., Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Arief Setiawan Budi Nugroho, S.T., M.Eng., Ph.D., Wakil Rektor UGM Bidang Perencanaan, Aset, dan Sistem Informasi, Ketua dan Sekretaris Senat beserta jajaran pimpinan senat, Dekan Sekolah Vokasi UGM beserta jajarannya, serta Dosen, Tenaga Kependidikan, perwakilan mahasiswa  berprestasi  SV UGM, mitra-mitra SV UGM, beserta tamu undangan kepala sekolah dan siswa siswi SMA/K/ di DIY. 

Sebelum memasuki Ballroom Gedung TILC SV UGM, tamu undangan menyaksikan Booth Pameran Produk Unggulan SV dari delapan departemen di Sekolah Vokasi UGM, antara lain Traktor Listrik buatan Tim Yacaranda dari Departemen Teknik Mesin Sekolah Vokasi UGM, Alat Pemanen Air Hujan Gama Rain Filter, Beton Porus, Smart Water Tank, dan Elektrolisa Air dari Departemen Teknik Sipil, Notes Edu Coffee yang merupakan praktek kewirausahaan dari Departemen Ekonomika dan Bisnis bekerja sama dengan Pegadaian, buku dan video hasil karya Tridharma dosen dan mahasiswa Departemen Bahasa Seni dan Manajemen Budaya, Smart Massage Tool dari Departemen Layanan Informasi dan Kesehatan, Petarung (Perangkat Lunak Perencanaan Tata Ruang) dari Departemen Teknologi Kebumian, dan Game Becak Race 2045, Game Persia, serta Game Ganyang Setan Alas! & Trailer Film Setan Alas dari Departemen Teknik Elektro dan Informatika. 

Tari Golek Manis yang dibawakan oleh dua mahasiswi dari Departemen Teknik Sipil SV UGM, mengawali agenda Rapat Terbuka Senat dan sekaligus menjadi cucuk lampah iring-iringan Pimpinan Senat dan Pimpinan Sekolah Vokasi UGM memasuki ruang Ballroom Gedung TILC. Rapat Terbuka Senat dibuka oleh Dr. Fahmy Radhi, M.B.A. selaku Ketua Senat Sekolah Vokasi UGM, yang kemudian dilanjutkan dengan laporan Dekan Sekolah Vokasi UGM, Prof. Dr.-Ing. Ir. Agus Maryono, IPM., ASEAN Eng., terkait kinerja dan capaian Sekolah Vokasi UGM dalam tiga tahun terakhir.

Prof. Agus Maryono menyampaikan terdapat banyak peningkatan selama tiga tahun terakhir. Kualitas Dosen di Sekolah Vokasi UGM berada di urutan ke-3 terbaik di UGM yang mana cukup bagus. Sebanyak 43,39% alumni Sekolah Vokasi yang lulus di tahun 2022 memperoleh pekerjaan sebelum mereka lulus. 

Meskipun demikian, masih ada beberapa PR yang perlu diperbaiki. “Kita mempunyai tugas besar diantaranya yaitu memperbaiki gedung Pantja Dharma, mengisi gedung FRC di Kulon Progo, Gedung TILC, dan Gedung DEB yang nantinya menjadi lokomotif internasional,”tuturnya.

“Kita juga mempunyai banyak produk-produk unggulan contohnya PARIPURNA dari DTK, Pengembangan SIBAKUL, Teknologi SAKATA, Gama Rainfilter, alat pemantau postur tubuh, Traktor listrik, dan masih banyak lagi,”imbuhnya.

Agenda dilanjutkan dengan sambutan Wakil Rektor UGM Bidang Perencanaan, Aset, dan Sistem Informasi, Arief Setiawan Budi Nugroho, S.T., M.Eng., Ph.D, dan pidato Dies oleh Ir. Rachman Arief Dienaputra, MEng., Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.  

“Kami akan terus mendukung inovasi penelitian dan pengembangan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja global dan terus melatih mahasiswa agar mampu memimpin dan bersaing di tingkat internasional,” jelas Bapak Arief Setiawan dalam sambutannya.

Dalam Pidato Dies, Dirjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR, Ir. Rachman Arief Dienaputra, M.Eng., menyebutkan bahwa tenaga kerja  konstruksi di Indonesia saat  ini masih didominasi oleh tenaga kerja dengan pendidikan SMA ke bawah.

Beliau menegaskan, “Pendidikan vokasi sebagai pendidikan tinggi yang menunjang pada penguasaan keahlian terapan tertentu memiliki peran yang sangat vital dalam pembangunan negara.”

“Indonesia sebagai negara berkembang perlu memahami prinsip pendidikan vokasi karena merupakan pondasi yang kuat untuk menghadapi berbagai tantangan yang dihadapi negara kita,” imbuh beliau.

Selain menghasilkan tenaga kerja yang terampil, pendidikan vokasi juga menciptakan kesempatan untuk para lulusannya menjadi seorang wirausahawan dan membuka lapangan pekerjaan. 

Setelah rangkaian kegiatan Rapat Terbuka Senat terlaksana, acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba rangkaian Dies Natalis ke-14 dan penghargaan insan berprestasi Sekolah Vokasi UGM. Pemberian hadiah dan penghargaan ini diharapkan dapat memberikan semangat untuk terus meningkatkan kinerja seluruh civitas akademika Sekolah Vokasi UGM. 

Tentang Sekolah Vokasi UGM

Sekolah Vokasi adalah salah satu fakultas di Universitas Gadjah Mada yang dimandatkan untuk menyelenggarakan program pendidikan vokasi. Saat ini program pendidikan vokasi yang diselenggarakan SV UGM berada pada jenjang sarjana terapan/ Diploma IV. Prodi Sarjana Terapan di Sekolah Vokasi berfokus pada keterampilan inovatif dengan pembekalan keterampilan spesifik karena setelah lulus akan menjadi ahli di bidang tertentu. Perkuliahan menerapkan Project Based Learning dimaksudkan untuk membangun keahlian mahasiswa sehingga memiliki keterampilan memecahkan masalah, memiliki critical thinking, dan problem solving skill yang tinggi serta menjadi work-ready graduates. Terdapat 8 departemen di Sekolah Vokasi UGM; 2 departemen dari klaster sosial humaniora dan 6 departemen dari klaster Sains dan Teknologi. Sebanyak 22 Prodi Sarjana Terapan Sekolah Vokasi UGM menerima mahasiswa dengan total jumlah daya tampung kurang lebih 1800-an setiap tahunnya dengan mengakomodir keberagaman. Selain itu 1 Prodi Magister Terapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada Departemen Layanan dan Informasi Kesehatan juga telah siap menerima peserta didik pada semester genap mendatang. Sekolah Vokasi UGM juga memiliki Vocational Development Center yang aktif mengadakan pelatihan-pelatihan bagi sivitas akademika maupun umum. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi:

Laman: http://sv.ugm.ac.id  

Instagram: @sv_ugm

Email: sv@ugm.ac.id

Mobile-phone: +62816657133

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*