Tim Yacaranda UGM Raih Juara Umum pada Ajang KMLI XII 2023

Tim Yacaranda UGM berhasil meraih Juara Umum  dalam ajang Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) XII 2023 yang dilaksanakan tanggal 6 – 8 November 2023 di Politeknik Negeri Bandung, Bandung. Kompetisi bidang mobil formula tenaga listrik ini merupakan pertandingan antar universitas di Indonesia yang memiliki 2 Kategori antara lain Kategori Lomba dan Kategori Konsep Desain. Serangkaian kegiatan pada kategori Lomba antara lain akselerasi, pengereman, slalom, daya tanjak, dan endurance. Sedangkan pada Kategori Konsep Desain antara lain Rancang Konstruksi, Desain Teknologi, Inovasi, dan Business  Plan. Tidak tanggung-tanggung, Tim Yacaranda UGM berhasil meraih 6 kategori juara sekaligus, yakni Juara 1 Kategori Akselerasi, Juara 1 Daya Tanjak, Juara 1 Desain Teknologi, Juara 1 Business  Plan, Juara 2 Konsep Inovasi, dan Juara 3 Rancang Konstruksi. Tim Yacaranda UGM juga kembali berhasil meraih JUARA UMUM pada Kategori Lomba seperti yang pernah diraih  pada KMLI sebelumnya di tahun 2019.  

Pada kompetisi KMLI XII 2023 ini, Tim Yacaranda UGM meluncurkan mobil formula tenaga listrik bernama Super Sekip EV 3 Evolution. Mobil ini adalah mobil kelima karya Tim Yacaranda yang merupakan hasil pengembangan dan modifikasi generasi sebelumnya sehingga meningkatkan performanya ketika berlaga. Tak lupa, spesifikasi yang dibuat pun telah disesuaikan dengan regulasi lomba sehingga berhasil lolos scrutineering atau pemeriksaan teknis mesin dan body mobil.

Terdapat fitur-fitur canggih yang ditawarkan pada mobil Super Sekip EV 3 Evolution yang dapat menunjang keberhasilan tim untuk meraih juara diantaranya adalah sistem monitoring telemetri. “Sistem telemetri ditambahkan agar tim dapat memantau kendaraan dari jarak jauh seperti suhu kontroler, kapasitas baterai, kecepatan mobil, dan lainnya.” Terang Kapten Tim Yacaranda 2023, Tri Agus. Untuk menunjang keselamatan atau safety pengemudi dari kendaraan, oleh karena itu mobil juga dilengkapi dengan seatbelt lima titik. Tak cukup sampai disitu, Mobil Super Sekip EV 3 Evolution ini juga dibekali dengan baterai LTO yang menjadikan bobot mobil menjadi lebih ringan dan efisien. Hal ini dibuktikan dengan keberhasilan Tim Yacaranda dalam meraih Juara pada kategori akselerasi. 

Namun demikian, Tim Yacaranda UGM menegaskan masih banyak teknologi yang harus dikembangkan dan dievaluasi. Sesuai dengan Motto Tim Yacaranda yaitu Beyond The Future sebagai pengingat diri untuk terus berkembang dan berinovasi mengikuti perkembangan teknologi.

Penulis & Dokumentasi: Tim Yacaranda UGM

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*