Konser HUT 14 Tahun Vokasi Menuju Indonesia Emas

Yogyakarta, 19 November 2023 – Dr.  Anggito Abimanyu, M.Sc. dosen sekaligus Ketua Departemen Ekonomika dan Bisnis Sekolah Vokasi UGM melalui program Matching Fund 2023 menyelenggarakan sebuah konser bertajuk Pendidikan yang berjudul Konser Peradaban Swara Suvarna. Konser ini  diselenggarakan di Auditorium Driyarkara, Sanata Dharma pada hari Minggu, 19 November 2023. Konser ini diadakan sekaligus untuk memperingati Dies Natalis Sekolah Vokasi UGM pada 27 Oktober dalam rangka merayakan ulang tahunnya ke 14. Berbagai artis, Unit Kegiatan Mahasiswa, dan siswa SMA berkolaborasi dalam satu acara ini dan  memberikan sajian indah dalam acara tersebut.

Konser ini merupakan rekacipta  dari program Kedaireka  Kemendikbudristek, kerjasama Perguruan Tinggi dengan Mitra Industri. Kali ini Departemen Ekonomi dan Bisnis (DEB), Sekolah Vokasi bekerjasama dengan ADiTV dan Infobank Digital Asia. Konser peradaban swara survana menyajikan berbagai jenis musik dalam format orkestra yang didukung oleh 150 musisi dari GMCO dan Marching Band UGM, para Bintang Tamu, Dwiki Dharmawan, Ghea Indrawari, Lucky Octavian, Brian Prasetyoadi, Ade Rudiana, Singgih Sanjaya, Para Conductor, Paduan Suara dan Penari mahasiswa SV telah memberikan kesan tersendiri bagi penonton saat menyaksikan konser ini. Dari konser ini akan diproduksi konten-konten  kreatif musik, lirik dan tari yang futuris, inspiratif, dan harmonis. 

Konser Peradaban Swara Suvarna yang menampilkan kolaborasi apik antara UKM Gadjah Mada Chamber Orchestra (GMCO), Dentachestra dari Fakultas Kedokteran Gigi UGM, dan Padzchestra dari SMA N 3 Yogyakatra (PADMANABA) serta Paduan Suara Mahasiswa Sekolah Vokasi UGM, membawakan 13 lagu dengan 10 lagu komposisi baru. Lagu yang  dibawakan semuanya  memberikan nilai positif dari generasi muda, yang harapannya dapat menginspirasi generasi muda untuk mengembangkan potensi dan mewujudkan Indonesia Emas di tahun 2045. Terdapat sebuah lagu karya komposer  hebat di Indonesia yaitu Nyanyian Negeriku. Lagu tersebut merupakan medley lagu daerah yang mengemas 10 lagu daerah dari Sabang sampai Merauke menjadi 1 buah lagu dengan durasi 13 menit. Lagu ini dibawakan dengan format orkestra besar berkolaborasi dengan paduan suara, tari, dan musik etnis.

Dalam penutupan Konser Peradaban Swara Suvarna ini, Dekan Sekolah Vokasi UGM, Prof. Dr.-Ing. Ir. Agus Maryono, IPM. ASEAN. Eng., menyampaikan ucapan terima kasih kepada tamu undangan dan seluruh pihak yang terlibat. Beliau menyampaikan “14 tahun Sekolah Vokasi UGM berdiri, menorehkan cerita, mengekspresikan jiwa dan semangat yang digambarkan melalui musik, tarian, hingga seni menuju Indonesia Emas”.

Kolaborasi yang kompak antara orkes UKM GMCO, Dentachestra, dan Padzchestra  memberikan sajian yang menarik dengan perbedaan usia dan latar belakangnya. Setiap lagu di konser ini  disebarluaskan juga dalam kanal-kanal media sosial. Akhir acara ditutup dengan penampilan tari persembahan dari Mahasiswa SV UGM yang menampilkan berbagai tarian adat Indonesia. Harapannya dapat menyebar ke berbagai kalangan Masyarakat agar dapat dinikmati serta memberikan dampak bagi Masyarakat luas dan mencapai tujuan nasional Indonesia Emas 2045.

Penulis : Dhea Chornelia Pretty Yashinta
Editor : HUMAS SV UGM

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*