Expo Transformasi Pendidikan SMK oleh Program Studi TPB SV UGM Bersama Kemendikbud Ristek dan PT. United Tractors Tbk

Departemen Teknik Mesin Sekolah Vokasi UGM menggelar kegiatan Expo Peningkatan Brand Value Program Studi Teknik Pengelolaan dan Perawatan Alat Berat pada tanggal 23 November 2023. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian program Competitive Fund 2023 program studi Teknik Perawatan dan Pengelolaan Alat Berat. Expo ini merupakan kerjasama antara Departemen Teknik Mesin SV UGM dengan PT. United Tractors Tbk sebagai mitra industri. Kegiatan expo ini mengangkat tema “Transformasi Pendidikan SMK melalui Kolaborasi Holistik antara Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (SV UGM), dan PT. United Tractors Tbk sebagai Mitra Industri”.

Program Studi Sarjana Terapan Teknik Pengelolaan Perawatan Alat Berat SV UGM terus berupaya untuk meningkatkan brand value, salah satunya melalui kegiatan expo transformasi pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Kegiatan tersebut diselenggarakan di ruang ballroom gedung Teaching Industry Learning Center (TILC) SV UGM pada hari Kamis (23/11). Adapun tema yang diusung adalah “Transformasi Pendidikan SMK Melalui Kolaborasi Holistik antara Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (SV UGM), dan PT. United Tractors Tbk sebagai Mitra Industri”. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh relevansi antara kebutuhan tenaga kerja terampil, peran kunci SMK, kolaborasi dengan instansi pendidikan, pemerintah, serta keterlibatan pihak industri. Dalam hal ini, Sekolah Vokasi UGM memiliki peran sentral sebagai katalisator transformasi pendidikan tinggi dan kejuruan. Bersama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan PT. United Tractors Tbk sebagai mitra industri, tujuan diadakannya kegiatan ini meliputi urgensi dalam mempromosikan keunggulan program studi terkait untuk menggali peluang kerja sama berbasis inovasi dan riset melalui penguatan koneksi industri.

Peserta kegiatan expo ini adalah perwakilan guru beberapa SMK maupun dosen beberapa perguruan tinggi di wilayah DIY, Jawa Tengah, dan Jawa Timur yang tergabung dalam komunitas SOBAT UT. Secara garis besar, kegiatan expo ini terbagi menjadi 2 kegiatan utama. Kegiatan pertama yaitu workshop yang di gelar di ballroom gedung TILC, sedangkan kegiatan yang kedua adalah expo produk-produk penelitian dosen dan mahasiswa di Departemen Teknik Mesin SV UGM, selain itu ada beberapa 4 SMK dan perwakilan dari Politeknik ATMI Surakarta yang memamerkan produk hasil penelitiannya di kegiatan ini.

Wakil Dekan SV UGM Bidang Keuangan, Aset, dan Sumber Daya Manusia, Dr. Benidiktus Tulung Prayoga, S.T., M.T.

Kegiatan expo diawali dengan sambutan-sambutan, diantaranya dari Wakil Dekan SV UGM Bidang Keuangan, Aset, dan Sumber Daya Manusia, Dr. Benidiktus Tulung Prayoga, S.T., M.T.. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan pentingnya peran SMK dalam proses pembangunan sumber daya manusia. Beliau juga berharap dengan terselenggaranya kegiatan expo ini dapat memberi wawasan dan kesepakatan baru di antara instansi pendidikan, pemerintah, serta mitra industri untuk menciptakan sesuatu yang luar biasa terkait transformasi teaching-factory. Kemudian perwakilan pimpinan PT. United Tractors Tbk cabang Semarang, Bapak Alexander Seto Febriantoro menyampaikan pentingnya kegiatan ini untuk menjadi langkah awal kerjasama tetra helix antara pemerintah, dunia pendidikan, masyarakat dan dunia industri. Selain itu, Dimas Aryo Wicaksono, S.T. selaku Corporate Social Responsibility Associate PT. United Tractors Tbk. juga turut memberi sambutan dengan memperkenalkan Sekolah Binaan UT (SOBAT) yang bertujuan sebagai contoh dan inspirasi bagi UT bersama pihak terkait dalam rangka meningkatkan pendidikan vokasi di Indonesia.

Dimas Aryo Wicaksono, S.T. selaku Corporate Social Responsibility Associate PT. United Tractors Tbk.

Rangkaian kegiatan inti dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi panel dan workshop. Pada sesi panel yang dimoderatori oleh Dr. Lilik Dwi Setyana, S.T., M.T., terdapat tiga narasumber yang menjadi pembicara. Narasumber yang pertama adalah Dr. Drs. Wardani Sugiyanto, M. Pd., Direktur Sekolah Menengah Kejuruan Kemendikbud, yang menyampaikan materi dengan judul “Kolaborasi dan Inovasi antara Satuan Pendidikan Vokasi dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri”. Dalam paparannya beliau menjelaskan mengenai peta jalan transformasi pengembangan SMK, selain itu beliau juga mengutip pernyataan Bapak Presiden Joko Widodo yang mengatakan  “SMK Jadi Kunci Kemajuan Negara”. Narasumber yang kedua adalah Novi Zulkarnaen, S.S., M.Pa., Ketua Tim Kerja Fasilitas Ekosistem Kemitraan Dunia Usaha dan Dunia Industri Kemendikbud, materi yang beliau sampaikan berjudul “Transformasi Pendidikan Vokasi Melalui Program SMK Pusat Keunggulan”. Dalam materinya beliau menjelaskan mengenai arah kebijakan pengembangan pendidikan vokasi yang menjadi salah satu upaya dana pembangunan kualitas SDM di Indonesia. Narasumber yang ketiga adalah Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D., Advisor SOBAT UT, dalam materinya beliau menyampaikan peran dan komitmen SOBAT UT untuk mendukung pendidikan vokasi di Indonesia. Setelah pemaparan materi, terdapat sesi tanya-jawab yang interaktif dengan para hadirin yang banyak membahas mengenai tantangan transformasi pendidikan vokasi di tengah urgensi kebutuhan industri terkini. Sesi panel diakhiri dengan kegiatan peresmian SV – UGM sebagai HUB Pengembangan Inovasi dan Rekayasa di Bidang Alat Berat.

Di paruh kedua, kegiatan dilanjutkan dengan sesi workshop yang menghadirkan kembali Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc.. Paparan materi yang disampaikan dalam kesempatan ini berjudul “Mengembangkan Growth Mindset Sivitas Akademika (SMK & PT) Link and Match (Komprehensif) Menghasilkan Lulusan (SDM) Kompeten, Berdaya Saing Tinggi, Sesuai Kebutuhan DUDI”. Dalam paparannya, beliau menjelaskan pentingnya program 8+i Link and Match untuk mendukung pengembangan SDM untuk mewujudkan program Indonesia Emas 2045. Selain itu, kegiatan expo juga meliputi pameran di Coworking lantai 1 gedung TILC yang menampilkan berbagai produk karya inovasi dari berbagai SMK dan pendidikan tinggi vokasi di DIY, Jawa Tengah, dan sekitarnya. Salah satunya adalah mobil Super Sekip EV-3 dari Yacaranda Team UGM yang berhasil menarik perhatian para pengunjung pameran.

Expo ini menjadi bukti kuat akan kekuatan sinergi antara dunia pendidikan dan industri sebagai fondasi utama bagi kemajuan pendidikan vokasi di Indonesia. Expo Peningkatan Brand Value Program Studi Teknik Pengelolaan dan Perawatan Alat Berat 2023 menandai tonggak penting dalam transformasi pendidikan yang holistik dan berbasis industri.

Penulis: Nadiva Rizkita Agustina

Editor: SV UGM

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*