Sekolah Vokasi dan Pusat Studi UGM Jalin Kerja Sama dengan Bappedalitbang KalTeng

Energi Bersih dan Terjangkau - SDGs | Aplikasi DatakuKonsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab - SDGs | Aplikasi DatakuMenjaga Ekosistem Darat - SDGs | Aplikasi DatakuSekolah Vokasi UGM bersama dengan Pusat Studi Pengelolaan Sumber Daya Lahan (PS2DL) Fakultas Kehutanan UGM, Research Center for Politics and Government (PolGov) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM, Pusat Kajian Tata Kelola Sumber Daya Alam (Natural Resources Governance Studies) Fakultas Hukum UGM, dan Pusat Studi Energi UGM mengadakan seremoni penandatanganan PKS dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kalimantan Tengah  di Ballroom lt. 2 Gedung Teaching Industry Learning Center (TILC) pada Kamis (04/04). Tujuan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) ini adalah untuk mewujudkan kerja sama di bidang kajian mengenai potensi yang ada di Kalimantan Tengah.

Seremoni penandatanganan PKS antara Laboratorium Ekonomi DEB SV UGM, PS2DL UGM, Polgov Fisipol, Pusat Kajian Tata Kelola Sumber Daya Alam FH UGM, dan Pusat Studi Energi UGM dengan Bappedalitbang Kalteng
Seremoni penandatanganan PKS antara Laboratorium Ekonomi DEB SV UGM, PS2DL UGM, Polgov Fisipol, Pusat Kajian Tata Kelola Sumber Daya Alam FH UGM, dan Pusat Studi Energi UGM dengan Bappedalitbang Kalteng

Seremoni penandatanganan PKS dihadiri langsung oleh Ir. Leonard S. Ampung, M.M., M.T.  selaku Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kalimantan Tengah, Dr. Endang Soelistiyowati, M.Pd. selaku Wakil Dekan Bidang Kerja Sama dan Alumni Sekolah Vokasi UGM, Dra. Sufitri, MM. selaku Sekretaris Departemen Ekonomika dan Bisnis Sekolah Vokasi UGM, dan Dr. Anggi Rahajeng, S.E., M.Ec selaku Ketua Laboratorium Ekonomi Departemen Ekonomika dan Bisnis Sekolah Vokasi UGM serta dosen dan tamu undangan yang lainnya.

Acara penandatanganan PKS tersebut dihadiri juga oleh Prof. Dr. rer. Nat, Junun Sartohadi, M.Sc. selaku Kepala Pusat Studi Pengelolaan Sumber Daya Lahan (PS2DL) Fakultas Kehutanan UGM, Prof. Dr. Marsudi Triatmojo, S.H., LLM. selaku Kepala Pusat Kajian Tata Kelola Sumber Daya Alam (Natural Resources Governance Studies) Fakultas Hukum UGM, dan Prof. Ir. Sarjiya, S.T., M.T., Ph.D. selaku Kepala Pusat Studi Energi UGM.

Dalam sambutannya, Ir. Leonard S. Ampung, M.M., M.T. menyampaikan rasa terima kasih kepada Sekolah Vokasi UGM dan juga beberapa Pusat Studi yang ada di UGM yang telah berkomitmen untuk bersinergi membantu mewujudkan kajian-kajian mengenai potensi yang ada di Kalimantan Tengah. Dr. Endang Soelistiyowati, M.Pd. selaku Wakil Dekan Kerja Sama dan Alumni juga menyambut baik kolaborasi yang diinisiasi oleh Laboratorium Ekonomi Departemen Ekonomika dan Bisnis ini dan berharap ke depan bentuk-bentuk kerja sama yang lain dengan departemen lain di Sekolah Vokasi UGM juga dapat terjalin.

Kepala Bappedalitbang Kalimantan Tengah, Ir. Leonard S. Ampung, M.M., M.T. dalam wawancaranya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Sekolah Vokasi UGM yang telah menyediakan tempat untuk momentum luar biasa melaksanakan PKS kajian-kajian tentang potensi yang ada di Kalimantan Tengah serta meyakini bahwa UGM adalah universitas yang mumpuni dengan banyaknya tenaga ahli yang memiliki kompetensi , yang dapat mendukung pengambilan kebijakan lebih lanjut di Kalimantan Tengah.

Kepala Bappedalitbang Kalimantan Tengah, Ir. Leonard S. Ampung, M.M., M.T.
Kepala Bappedalitbang Kalimantan Tengah, Ir. Leonard S. Ampung, M.M., M.T.

“Harapan kami, kerja sama tidak hanya berhenti di sini namun tetap ada keberlanjutan yang berdasarkan potensi dan permasalahan di Kalimantan Tengah. Bersama-sama kita mencari solusi yang terbaik melalui kajian akademis yang mumpuni sehingga setiap kebijakan dan perencanaan yang akan kita lakukan betul-betul sudah melalui analisis- yang tepat dan tentunya ini sangat diharapkan dapat terwujud dengan dukungan  tenaga ahli yang ada di UGM.”

Ketua Laboratorium Ekonomi Departemen Ekonomika dan Bisnis Sekolah Vokasi UGM, Dr. Anggi Rahajeng, S.E., M.Ec dalam wawancaranya juga menyambut baik dan menganggap ini menjadi langkah awal yang sangat bagus untuk memulai mengintensifkan kolaborasi dengan pemerintah Kalimantan Tengah. Sebagaimana yang kita ketahui Kalimantan Tengah memiliki wilayah yang luas sekali di Indonesia dan juga mempunyai potensi yang besar baik dalam sumber daya alam, energi, serta UMKM. Hal tersebut menjadi faktor pendukung pentingnya kerjasama, berdiskusi,  dan bersinergi untuk Indonesia yang lebih baik.
“Harapan kami dengan adanya kolaborasi antara UGM dengan Bappedalitbang Kalimantan Tengah dapat mewujudkan serta mengimplementasikan ilmu pengetahuan, keterampilan, keahlian kita di sana dan mudah-mudahan itu menjadi kebermanfaatan bagi masyarakat di Kalimantan Tengah. Sama-sama maju, Indonesia Timur lebih maju, Indonesia lebih maju dan UGM ada untuk berkontribusi di situ.”

Acara penandatanganan PKS dilanjutkan dengan penampilan tarian klasik “Hanuraga” yang ditarikan oleh Diajeng Lina dan Diajeng Kurnia yang merupakan Diajeng Berbakat  Tahun 2021 dan 2019 di ajang Dimas Diajeng Jogja. Tarian ini melambangkan doa dan harapan untuk kelancaran kerja sama dari awal hingga akhir. Agenda dilanjutkan dengan pertukaran cinderamata serta foto bersama. Acara ditutup dengan sesi ramah tamah antara Sekolah Vokasi UGM, Pusat Studi Pengelolaan Sumber Daya Lahan (PS2DL) Fakultas Kehutanan UGM, Research Center for Politics and Government (PolGov) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM, Pusat Kajian Tata Kelola Sumber Daya Alam (Natural Resources Governance Studies) Fakultas Hukum UGM, dan Pusat Studi Energi UGM yang hadir dengan Tim Bappedalitbang Kalimantan Tengah.

Sesi foto bersama usai penandatanganan PKS

Penulis : Helena Agathia Pujiharjati
Editor  : Humas SV UGM

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*