Sekolah Vokasi UGM dan Gelanggang Inovasi & Kreativitas UGM Berkolaborasi dalam Festival INOVOKASIA 2024

Ikon SDGs 4 Pendidikan BermutuIkon SDGs 9 Infrastruktur, industri dan inovasiDengan berkolaborasi dengan Gelanggang Inovasi dan Kreativitas Universitas Gadjah Mada  (GIK UGM), Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (SV UGM) menggelar Festival Vokasi bertajuk “Inovokasia 2024” yang akan berlangsung selama dua pekan, yakni dari tanggal 20 Mei hingga 1 Juni 2024 di kampus SV UGM. Festival ini bertujuan untuk menunjukkan peran penting vokasi di masa depan, hadir untuk semua kalangan, baik mahasiswa maupun masyarakat umum yang tertarik dalam bidang pengetahuan dan keterampilan. Terdapat serangkaian kegiatan yang terdiri dari eksibisi, kompetisi, lokakarya, talkshow, master class, Talent Day, Movie Day, Sekip Walk, dan pertunjukan musik dalam nafas teknologi, etika, serta estetika. 

Garin Nugroho selaku Chief Program Officer GIK UGM
Garin Nugroho selaku Chief Program Officer GIK UGM

“Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat maka kebutuhan akan tenaga ahli terampil siap kerja yang inovatif dan memiliki daya saing tinggi juga meningkat pesat. Kebutuhan inilah yang senantiasa disiapkan oleh Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada. Bersama dengan GIK UGM, kami ingin mendorong generasi masa depan bangsa untuk menjadi manusia-manusia yang inovatif, produktif, kolaboratif, dan solutif. Sehingga hasil yang diharapkan melalui agenda ini adalah bersama-sama kita dapat mewujudkan karakter generasi muda yang prinsipnya mantap, teorinya kuat, prakteknya hebat, soft skill-nya memikat, motivasinya dahsyat, dan solusinya tepat. “ kata Prof. Dr.-Ing. Ir. Agus Maryono, IPM., ASEAN Eng., Dekan SV UGM dalam sambutannya di acara press conference Inovokasia 2024.

Garin Nugroho selaku Chief Program Officer GIK UGM pun mengatakan, “Sekolah Vokasi menjadi penting bagi masa depan Indonesia karena mendorong generasi muda yang memiliki keterampilan praktis yang dibutuhkan oleh dunia kerja, dimana generasi terampil berinovasi akan mendorong pertumbuhan ekonomi, dan yang tidak kalah pentingnya Inovokasia 2024 menjadi ajang persiapan kolaborasi vokasi tingkat nasional di Inovokasia 2025 yang akan menyatukan berbagai lembaga vokasi nasional sehingga dapat memperkuat ekosistem vokasi Indonesia.”

Selain itu, Ajie Wartono, Head of Experience GIK UGM turut menyampaikan, “Inovokasia 2024 menggandeng ahli dan praktisi dari berbagai bidang. Sedangkan kompetisi diadakan untuk menjaring calon-calon sarjana terapan unggulan yang nantinya bisa berkompetisi di dunia industri. Sementara eksibisi Inovokasia 2024 akan menampilkan hasil-hasil produk unggulan dan temuan-temuan inovatif yang di masa depan dapat diterapkan dan dimanfaatkan dalam dunia industri.”

Festival dua pekan ini diantaranya juga menggandeng Dagadu sebagai pengisi salah satu lokakarya dengan tema “Product Design Innovation”. Tema-tema seperti softskill, career development, dan pengembangan bisnis akan diangkat sebagai tema berbagai lokakarya. Selain itu, seminar buku berjudul “Pelita Hati: Untaian Syair Cinta Tanpa Syarat” karya Anggito Abimanyu juga akan hadir dalam Inovokasia 2024 nanti.

Bertempat di Ballroom Gedung TILC UGM, Inovokasia 2024 akan ditutup dengan pagi bertabur bintang dan tokoh lintas disiplin pada 1 Juni 2024. Acara ini juga akan dimeriahkan oleh penampilan dari Rampoe UGM dan Gama Band, kemudian ditutup dengan penganugerahan penghargaan kepada insan-insan inovator dari Sekolah Vokasi UGM, kampus UGM, dan tokoh nasional lainnya yang telah melahirkan inovasi di berbagai bidang dan memiliki dampak signifikan terhadap kemajuan bangsa. Ajang penghargaan ini diharapkan mampu memotivasi generasi muda untuk terus berinovasi.

Penulis: Nadiva Rizkita Agustina

Editor: Humas SV UGM

Dokumentasi: Humas UGM

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*