Mahasiswa Vokasi UGM Gelar INSPECT 2024, Ajang Belajar Investasi untuk Generasi Muda

Ikon SDGs 4 Pendidikan BermutuIkon SDGs 8 Pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomiYogyakarta, 09 Juli 2024 – Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) dari Departemen Ekonomika dan Bisnis Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (SV UGM) sukses menyelenggarakan Seminar Nasional INSPECT (Investment Summit Project) yang bertajuk “Exploring Investment Strategies for the Youth Generation” pada hari Selasa, 9 Juli 2024. Acara ini berlangsung di Ballroom TILC (Teaching Industry Learning Center) SV UGM dan dihadiri oleh lebih dari 200 peserta dari berbagai kalangan, termasuk mahasiswa, akademisi, praktisi, dan pemangku kepentingan di bidang investasi.

Seminar Nasional INSPECT (Investment Summit Project) yang bertajuk “Exploring Investment Strategies for the Youth Generation”
Seminar Nasional INSPECT (Investment Summit Project) yang bertajuk “Exploring Investment Strategies for the Youth Generation”

Seminar Nasional INSPECT ini merupakan agenda tahunan dari KSPM DEB SV UGM yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan wawasan finansial bagi generasi muda dan bekerja sama dengan Bursa Efek Indonesia. Rangkaian seminar ini diawali dengan sesi materi mengenai IDX Mobile yang disampaikan oleh perwakilan  dari Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia yang kemudian dilanjutkan dengan sesi materi utama yang diisi oleh Benny Batara seorang Multibagger Investor. Pada sesi yang diisi oleh sosok yang akrab disapa Bennix tersebut bertemakan “Building Wealth through Smart Investing” yang mengulas secara komprehensif mengenai dunia Investasi. Sesi ini diawali dengan sesi pemaparan materi yang kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi bersama yang penuh antusiasme dari peserta untuk belajar lebih jauh dari pakarnya.

“INSPECT merupakan wadah bagi generasi muda untuk lebih mendalami dunia investasi. Semoga dengan terlaksananya acara tahunan ini, generasi muda dapat memiliki bekal lebih untuk berkontribusi dalam perekonomian Indonesia kedepannya”, ujar Vika Agustin  mahasiswi Program Studi Manajemen dan Penilaian Properti dari Departemen Ekonomika dan Bisnis SV UGM  Angkatan 2022, selaku Ketua Pelaksana INSPECT 2024, 

Adapun rangkaian agenda besar INSPECT 2024 tidak hanya sebatas seminar nasional, namun juga telah terselenggara secara sukses tiga kompetisi di bidang ekonomi tingkat nasional, yaitu Equity Research, Trading, dan Essay. Ragam ajang perlombaan yang ditawarkan ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi generasi muda untuk saling berkompetisi, meningkatkan wawasan, serta mengasah keterampilan mereka.

Kompetisi Equity Research menantang para peserta untuk melakukan analisis mendalam terhadap suatu perusahaan atau industri tertentu, serta memberikan rekomendasi investasi yang tepat. Kompetisi Trading memberikan kesempatan bagi peserta untuk menguji kemampuan mereka dalam melakukan transaksi saham secara virtual. Sementara itu, Kompetisi Essay mengajak peserta untuk menuangkan ide dan gagasan mereka mengenai isu-isu terkini di dunia investasi dalam bentuk tulisan yang komprehensif.

Seluruh rangkaian INSPECT mendapatkan respon positif dari para peserta. Mereka mengapresiasi kualitas materi yang disampaikan, serta kesempatan untuk berinteraksi dan belajar dari para ahli dan praktisi di bidang investasi. Acara ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata bagi pengembangan investasi di Indonesia, serta menginspirasi generasi muda untuk menjadi investor yang cerdas dan bertanggung jawab.

Penulis: Bulan Seva

Editor: Humas SV UGM

Gambar: Dokumentasi Panitia

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*