Sekolah Vokasi UGM dan UiTM Malaysia Perkuat Kolaborasi Pendidikan dan Riset

Ikon SDGs 4 Pendidikan BermutuIkon SDGs 9 Infrastruktur, industri dan inovasiBertempat di gedung Teaching Industry Learning Center (TILC), Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (UGM) sambut hangat kunjungan dari delegasi Universiti Teknologi MARA (UiTM) Melaka Branch Malaysia pada hari Jumat (12/7/2024). Adapun delegasi UiTM terdiri dari Dr. Mohammad Nor Affandi Ibrahim selaku Tibalan Rektor Hal Ehwal Akademik, Dr. Siti Normah Awang Tuah selaku Ketua Pusat Pengajian Fakulti Pengurusan dan Perniagaan, Dr. Azhana Othman selaku Ketua Pusat Pengajian Institusi Pendidikan Berterusan dan Pengajian Profesional, Siti Aisyah Basri selaku Koordinator Fakulti Perakaunan, serta Mohd Ab Malek Md Shah selaku Koordinator Jabatan Undang-Undang. 

Dr. Mohammad Nor Affandi Ibrahim selaku Tibalan Rektor Hal Ehwal Akademik
Dr. Mohammad Nor Affandi Ibrahim selaku Tibalan Rektor Hal Ehwal Akademik

Sementara itu, Dekan Sekolah Vokasi UGM, Prof. Dr.-Ing. Ir. Agus Maryono, IPM., ASEAN Eng.; Wakil Dekan Bidang Kerja Sama dan Alumni, Dr. Endang Soelistiyowati, S.Pd., M.Pd.; Manajer Unit Hubungan Internasional Sekolah Vokasi UGM, Alfelia Nugky Permatasari, S.S., M.A.; serta Manajer Unit Hubungan Masyarakat dan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Erlin Estiana Yuanti, S.S., M.A.; Ketua Departemen Bahasa, Seni, dan Manajemen Budaya, Dr. Nuryuda Irdana, S.P., M.M.; Sekretaris Departemen Ekonomika dan Bisnis, Dra. Sufitri, M.M.; Dosen Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Airlangga Adi Hermawan, S.T., M.Sc., Ph.D.; serta Dosen Departemen Ekonomika dan Bisnis, Amesta Kartika Ramadhani, S.T., M.P.W.K. juga turut hadir sebagai perwakilan Sekolah Vokasi UGM.

Agenda kunjungan diawali dengan sambutan sekaligus paparan terkait Sekolah Vokasi UGM yang disampaikan oleh Prof. Dr.-Ing. Ir. Agus Maryono, IPM., ASEAN Eng. selaku Dekan Sekolah Vokasi UGM. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi perluasan kerja sama antara Sekolah Vokasi UGM dan UiTM Melaka Malaysia. Sebelumnya, UiTM Melaka Malaysia sudah pernah menjalin kerja sama dengan program studi Bahasa Inggris Sekolah Vokasi UGM berupa lecturer exchange selama dua minggu. Oleh karena itu, perluasan kerja sama yang direncanakan harapannya dapat mencakup program lain yang juga melibatkan dosen, seperti joint research dan international conference. Dr. Mohammad Nor Affandi Ibrahim selaku Timbalan Rektor Hal Ehwal Akademik menyampaikan, “We expect to expand our collaboration through joint research, publication, and also international conference.

Kerja sama ini juga dinilai perlu untuk ditambah cakupannya dengan menggandeng program studi lain di Sekolah Vokasi UGM. Selain itu, perpanjangan durasi program menjadi dua hingga tiga bulan juga menjadi konsiderasi untuk mencapai sasaran kegiatan yang lebih optimal. Dekan Sekolah Vokasi UGM pun menyambut baik tawaran kerja sama dengan UiTM. “We are looking forward to the collaboration between UGM and UiTM, including the possible interdisciplinary collaborations among our study programs.” ujarnya.

Ketua Departemen Bahasa, Seni, dan Manajemen Budaya, Dr. Nuryuda Irdana, S.P., M.M., kemudian berencana akan berkunjung ke UiTM Melaka Malaysia untuk diskusi lebih lanjut terkait rencana kerja sama antara Prodi Pariwisata di kedua universitas. Agenda ditutup dengan diskusi bentuk kerja sama yang memungkinkan untuk diimplementasikan dalam waktu dekat yakni program joint publication, cultural exchange, serta Lecturer  exchange.

Penulis: Nadiva Rizkita Agustina

Editor: Humas SV UGM

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*