Tim GreenPods SV UGM Juara 3 Business Plan Olimpiade Vokasi (OLIVIA) IX di Universitas Hasanuddin

Ikon SDGs 9 Infrastruktur, industri dan inovasiIkon SDGs 11 Kota dan komunitas yang berkelanjutanIkon SDGs 13 Penanganan perubahan iklimMenjaga Ekosistem Darat - SDGs | Aplikasi DatakuYogyakarta, 19 Juli 2024  – Tim mahasiswa Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (SV UGM) kembali menorehkan prestasi gemilang di ajang Olimpiade Vokasi Indonesia (OLIVIA) IX yang diselenggarakan di Universitas Hasanudin. Prestasi ini ditorehkan oleh Ademas Alam Pangestu dan Theophylus Yestra Pratama, keduanya dari Program Studi Teknologi Rekayasa dan Instrumentasi Kontrol angkatan 2021, serta Melani Fatikan dari Program Studi Manajemen dan Penilaian Properti angkatan 2023 yang tergabung dalam Tim GreenPods. Mengusung ide bisnis berupa “GreenPods” sebagai solusi ketahan pangan di Indonesia, tim ini berhasil menawarkan solusi produk hidroponik yang terintegrasi dengan sensor nutrisi dan pH, serta mobile apps “GreenPods Care” yang memudahkan pemantauan dan perawatan tanaman. Di bawah bimbingan dosen pendamping Fani Pramuditya, S.E., M.B.A., Tim GreenPods berhasil meraih Juara 3 kategori Lomba Business Plan dalam ajang yang bergengsi ini.

Tim GreenPods berhasil meraih Juara 3 kategori Lomba Business Plan
Tim GreenPods berhasil meraih Juara 3 kategori Lomba Business Plan

OLIVIA IX merupakan ajang kompetisi tingkat nasional yang mempertemukan mahasiswa vokasi dari berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta di seluruh Indonesia. Kompetisi ini bertujuan untuk menguji kemampuan dan keterampilan mahasiswa vokasi dalam berbagai bidang, serta mendorong semangat inovasi dan kreativitas. Forum Perguruan Tinggi Vokasi Indonesia (FPTVI) menyelenggarakan OLIVIA untuk meningkatkan daya saing insan vokasi, khususnya mahasiswa dengan menyajikan karya hasil kreativitas dan inovasi mereka. OLIVIA sudah diselenggarakan sejak tahun 2016 dengan tuan rumah, sebagai berikut: 2016 – Universitas Indonesia, 2017 – Institut Pertanian Bogor, 2018 – Universitas Airlangga, 2019 – Universitas Diponegoro, 2020 – Institut Teknologi Sepuluh November, 2021 – Universitas Halu Oleo, 2022 – Universitas Negeri Yogyakarta, 2023 – Universitas Sebelas Maret Surakarta. Pada tahun 2024 ini, penyelenggaraan OLIVIA dilaksanakan di Universitas Hasanuddin yang mengusung tema “Inspiring the future through empowering innovative human resource and digital-based entrepreneurship”. Grand Final OLIVIA IX diselenggarakan pada tanggal 18-19 Juli 2024. Terdapat 23 kategori bidang yang dilombakan, di mana sudah dilakukan seleksi tahap awal dengan mengirimkan karya tulis/proposal ide setiap bidang.

Tim mahasiswa SV UGM berhasil menunjukkan performa terbaiknya dalam kategori Innovation Technology Lomba Business Plan dengan menduduki Juara ketiga. Mereka berhasil mengalahkan 144 tim dari 32 perguruan tinggi vokasi di seluruh Indonesia di babak penyisihan yang kemudian membawa tim mahasiswa SV UGM berhasil lolos ke babak final dan berakhir dengan perolehan yang memuaskan.

“Adapun pengembangan alat tersebut berawal dari menurunnya luas lahan sawah/pertanian di Indonesia. Penurunan tersebut diakibatkan oleh peralihan fungsi lahan untuk pembangunan perumahan, kawasan industri, dan infrastruktur lainnya”, ujar Ademas. Selain itu, terdapat faktor lain yang mendasari ide bisnis tersebut yaitu perawatan hidroponik yang belum optimal. Maka hadirlah sistem hidroponik GreenPods yang terintegrasi dengan sensor nutrisi dan pH untuk membantu pemantauan dan perawatan tanaman melalui mobile apps “GreenPods Care”. Produk GreenPods merupakan ide bisnis yang dibuat selaras dengan tujuan utama Sustainable Development Goals (SDG’s) poin 2 (mengakhiri kelaparan), 3 (kesehatan yang baik dan kesejahteraan), 9 (infrastruktur, industri, dan inovasi), 11 (kota dan komunitas yang berkelanjutan), 13 (penanganan perubahan iklim), dan 15 (menjaga ekosistem darat).

Ademas Alam Pangestu dan Theophylus Yestra Pratama, keduanya dari Program Studi Teknologi Rekayasa dan Instrumentasi Kontrol angkatan 2021, serta Melani Fatikan dari Program Studi Manajemen dan Penilaian Properti angkatan 2023
Ademas Alam Pangestu dan Theophylus Yestra Pratama, keduanya dari Program Studi Teknologi Rekayasa dan Instrumentasi Kontrol angkatan 2021, serta Melani Fatikan dari Program Studi Manajemen dan Penilaian Properti angkatan 2023

Prestasi yang diraih oleh tim mahasiswa SV UGM ini merupakan bukti nyata dari kualitas pendidikan vokasi yang unggul di UGM. Sekolah Vokasi UGM terus berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang kompeten, berdaya saing, dan mampu memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat.

“Sangat senang dan bangga, karena ini pertama kalinya mengikuti lomba di tingkat nasional. Pada hari pertama terdapat grand opening, sambutan dari rektor, dan kami disuguhi dengan tarian khas Makassar yang kemudian dilanjut dengan pelaksanaan lomba dan pada hari kedua merupakan sesi penutupan yang berisikan seminar juga pengumuman awarding” ujar Melani Fatikan. 

Prestasi yang diraih oleh tim mahasiswa SV UGM ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus meningkatkan kemampuan dan keterampilan mereka. Sekolah Vokasi UGM akan terus berupaya untuk memberikan dukungan terbaik bagi mahasiswa agar dapat meraih prestasi di tingkat nasional maupun internasional.

Penulis: Bulan Seva

Editor: Humas SV UGM

Gambar: Dokumentasi Lomba

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*