Dosen Sekolah Vokasi UGM Luncurkan Pendampingan Platform Manajemen Stok Berbasis Website Bagi Koperasi

Peran koperasi tidak hanya sebatas untuk meningkatkan kesejahteraan anggota, tetapi juga sebagai sarana untuk membangun solidaritas, keadilan, dan kerjasama yang kuat. Beberapa permasalahan yang dihadapi adalah pada tertinggalnya adopsi teknologi informasi di koperasi dibanding UMKM. Sehingga melalui program Matching Fund, dosen Sekolah Vokasi UGM yang terdiri dari Dr. Faiz Zamzami dan Dr. Umar Taufiq bekerjasama dengan Mitra Gama Multi Usaha Mandiri, didukung bidang Koperasi Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Daerah Istimewa Yogyakarta ikut terlibat langsung dalam membantu memecahkan permasalahan khususnya pada pengelolaan stok di Koperasi. Hasil identifikasi tim Sekolah Vokasi UGM menunjukkan bahwa koperasi menghadapi keterbatasan dalam hal teknologi yang digunakan untuk manajemen stok sehingga tidak dapat secara akurat untuk menyediakan informasi persediaan sehingga data yang dimiliki tidak akurat dan penggunaan sistem manual sehingga dapat menghambat efisiensi dan akurasi dalam mengelola persediaan.

Pendampingan Platform Manajemen Stok Berbasis Website Bagi Koperasi
Pendampingan Platform Manajemen Stok Berbasis Website Bagi Koperasi

Maka pada hari Rabu, 25 September 2024 diluncurkan program pendampingan penggunaan plaform manajemen stok berbasis website yang dikembangkan khusus untuk koperasi. Platform tersebut diberi nama “Lokacella”. Platform Lokacella, menawarkan solusi layanan platform digital yang bertujuan membantu Koperasi dalam melakukan pencatatan efisiensi dan membantu koperasi mengatasi permasalahan manajemen dan pengelolaan yang selama ini sering dilakukan secara manual dan kurang terstruktur, sehingga dapat menghindari potensi kejadian pencatatan persediaan yang terkadang tidak terdeteksi.

Pada kegiatan kick off dan peluncuran platform tersebut, tim turut mengundang narasumber yaitu Direktur GMUM selaku mitra yaitu Drs. Ibnu Gunawan, MM dan Kepala Bidang Koperasi, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah DIY Ir. Setyo Hastuti, MP. Pada kesempatan tersebut Ibnu menjelaskan tentang kemanfataan platform yang telah dikembangkan dan mensimulasikannya untuk dapat dimanfaatkan oleh koperasi. Selanjutnya Hastuti memaparkan pentingnya koperasi untuk dapat bertransformasi menjadi koperasi modern, yaitu operasi yang telah mengadopsi teknologi, berpotensi ke dalam skala industri, memiliki akses  terhadap sumber-sumber permodalan dan pasar sehingga menghasilkan nilai tambah yang tinggi dan manfaat yang besar  kepada anggotanya dengan mengedepankan nilai dan prinsip  koperasi.

Program Matching Fund Kedaireka Kemendikbud Ristek ini tidak berhenti pada pengembangan dan penyempurnaan platform Lokacella
Program Matching Fund Kedaireka Kemendikbud Ristek ini tidak berhenti pada pengembangan dan penyempurnaan platform Lokacella

Program Matching Fund Kedaireka Kemendikbud Ristek ini tidak berhenti pada pengembangan dan penyempurnaan platform Lokacella, namun juga selama dua bulan melakukan pendampingan yaitu dengan melakukan product knowledge dengan menggunakan materi dan pendekatan yang telah terbukti berhasil dalam berbagai kegiatan pendampingan agar 20 koperasi yang didampingi pada tahap awal ini dapat mudah memahami instruksi dan penggunaan  platform ini.

Pelaksanaan kegiatan ini diharapkan mampu memberikan kontribusi  terhadap pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu menghapus kemiskinan dan Pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, Industri, Inovasi dan Infrastruktur, serta Kemitraan untuk Mencapai Tujuan, tanpa kemiskinan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*