Yogyakarta (16/4) – Empat dosen dari Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada berhasil meraih penghargaan atas karya ilmiah yang dipublikasikan di jurnal internasional terindeks bereputasi pada periode Februari 2025. Penghargaan ini diberikan oleh Direktur Direktorat Penelitian UGM sebagai bentuk apresiasi institusi terhadap kontribusi dosen dalam memperkuat budaya akademik melalui publikasi yang berdampak secara global.

Pencapaian ini mencerminkan keseriusan Sekolah Vokasi dalam mendorong sivitas akademika untuk aktif berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan pemecahan isu-isu strategis, baik di tingkat nasional maupun internasional. Publikasi ilmiah di jurnal bereputasi tidak hanya menjadi indikator penting dalam penguatan tridharma perguruan tinggi, tetapi juga berperan dalam mendukung akselerasi pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).
Karya ilmiah yang dihasilkan oleh para dosen mencakup beragam tema keilmuan yang relevan dengan tantangan kontemporer dan selaras dengan beberapa Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs). Di antaranya mencakup pengembangan inovasi produk pangan berbasis pendekatan rekayasa nilai yang mendukung SDG 12 Konsumsi dan Produksi yang bertanggung jawab, kajian penyerapan gas berbahaya sebagai solusi pengendalian emisi yang terkait dengan SDG 13 Penanganan Perubahan Iklim, pemanfaatan teknologi visualisasi untuk pemantauan solidifikasi garam cair dalam sistem energi bersih yang mendukung SDG 7 Energi Bersih dan Terjangkau , serta analisis efektivitas strategi pembelajaran bahasa Inggris untuk mendukung SDG 4 Pendidikan Bermutu
Empat dosen yang menerima penghargaan tersebut adalah Anjar Ruspita Sari, S.T.P., M.Sc., Muhammad Rifqi Al Fauzan, S.Si., M.Si., Dr.Eng. Yosephus Ardean Kurnianto Prayitno, S.T., M.Eng., dan Alfelia Nugky Permatasari, S.S., M.A. Seluruh karya ilmiah tersebut telah diterbitkan di jurnal ilmiah internasional dengan klasifikasi Q1 hingga Q3, menunjukkan kualitas riset yang tidak hanya memenuhi standar akademik tinggi, tetapi juga berdampak pada pengembangan ilmu dan kebijakan publik.
Prestasi ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Sekolah Vokasi UGM dan menunjukkan bahwa penguatan kapasitas penelitian dapat berjalan selaras dengan misi pendidikan vokasional. Diharapkan, keberhasilan ini dapat menjadi pemantik semangat bagi seluruh sivitas akademika untuk terus berkarya, berinovasi, dan berkontribusi dalam membangun masyarakat yang lebih berdaya dan berkelanjutan.
Penulis: Febriana Trisnawati