Dies Natalis Ke 22, Diploma Kesehatan Hewan Gelar Seminar Nasional “Peran Bidang Veteriner dalam Menjawab Peluang MEA”

IMG-20160503-WA0005

Sabtu (30/4) Prodi Kesehatan Hewan, Departemen Teknologi Hayati dan Vetetiner (THV), Sekolah Vokasi (SV) UGM menggelar acara Seminar Nasional dengan tema : “Peran Bidang Veteriner dalam menjawab peluang masyarakat ekonomi ASEAN (MEA)”. Peserta Seminar meliputi mahasiswa Diploma Kesehatan Hewan, Paramedis Vetetiner, dan semua yang bergerak di bidang Medik Veteriner dari berbagai kota di Indonesia.

Seminar yang diselenggarakan di Hall Perpustakaan Sekolah Vokasi (SV) UGM ini menghadirkan pembicara diantaranya adalah drh. Sri Mukartini, M.App. Sc (Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner, Direktorat Jendral Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian, Republik Indonesia), Ir. Suwarna F. Abdurrahman, M.Sc., (Kepala Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), serta drh. R.D. Wiwiek Bagja (Penasehat Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PBPDHI)).

“Seminar Nasional ini merupakan rangkaian acara kegiatan Dies Natalis Prodi Kesehatan Hewan, Departemen THV yang ke 22,” tutur Prof. Dr. drh. Ida Tjahjati, M.P., selaku Ketua Departemen THV SV UGM.

Dhanang selaku ketua panitia pelaksana menyampaikan, bahwa sasaran dari seminar ini adalah memberikan bekal pengetahuan kepada teman-teman mahasiswa Kesehatan Hewan, sejalan dengan tema yang diusung yaitu agar mahasiswa lulusan Prodi Kesehatan Hewan dapat bersaing di era tantangan MEA.

“Selain mahasiswa diploma keswan, seminar ini juga ditujukan bagi seluruh alumni Prodi  Kesehatan Hewan, dan juga semua yang bergerak di bidang Medik Veteriner” tutur Dhanang Satriya Wibawa.

Dhanang juga menambahkan bahwa tujuan dari seminar ini diharapkan peserta seminar dapat memahami  dan mengantisipasi tantangan dan peluang MEA khususnya pada profesi bidang veteriner.

Selain menyelenggarakan Seminar Nasional, Panitia Dies Natalis Prodi Kesehatan Hewan ke 22, juga telah menyelenggarakan berbagai rangkaian kegiatan, yang  meliputi berbagai perlombaan, diantaranya adalah lomba masak, lomba futsal dan berbagai macam lomba permainan tradisional. Sebagai puncak acara Dies Prodi Keswan ke -22 adalah Festival Dies Ke-22 Prodi Kesehatan Hewan, yang akan diselenggarakan pada tanggal  14 Mei 2016. Harapannya, dengan mengadakan berbagai macam kegiatan perlombaan yang telah diselenggarakan, dapat menjalin rasa kekeluargaan yang lebih erat antara mahasiswa, dosen dan tenaga pendidik di lingkungan Prodi Keswan, dan juga di tingkat Departemen THV SV UGM.