Closing Ceremony Mahasiswi Asia University, Taiwan

Sekolah Vokasi (11/6) – Dua Mahasiswi asal Asia University Taiwan yang bernama Ms. Chia-Chen Chang and Ms. Mei-Ru Chen telah menyelesaikan project mereka yaitu International Study Project in Tourism Management yang dimulai dari tanggal 22 April  – 12 Juni 2019.

Pada tanggal 11/6, kegiatan closing ceremony dilaksanakan di Ruang 138 SV UGM pukul 10.00 WIB. Pada kegiatan ini, Wakil Dekan Bidang Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Urusan Internasional dan Humas & TIK, Ibu Dr. Silvi Nur Oktalina, S.Hut., M.Si., memberikan sambutan dan ucapan terima kasih kepada kedua mahasiswi internasional atas kegiatannya selama di Sekolah Vokasi. Selain itu, Ketua Departemen Bahasa, Seni, dan Manajemen Budaya (DBSMB), Ibu Dr. Endang Soelistiyowati dan beberapa dosen dari Program Studi (Prodi) Kepariwisataan dan Bahasa Inggris juga turut hadir dalam closing ceremony tersebut.

Selama berada di Yogyakarta, mereka telah mempelajari Bahasa Indonesia serta mengunjungi beberapa lokasi wisata di Yogyakarta. Meskipun mereka melakukan project dalam bidang pariwisata, mereka juga sangat tertarik mengenai bidang arsitektur. Selain itu, mereka juga berkunjung ke Masjid Gede dan Masjid Syuhada yang terletak Kota Yogyakarta, dan menurut mereka, kedua masjid tersebut memiliki keunikan dalam segi arsitektur serta bersejarah.

Selain kedua tempat tersebut, mereka melakukan riset untuk project mereka di lokasi wisata Museum Benteng Vredeburg, dengan membagikan kuesioner mengenai pelayanan fasilitas yang disajikan kepada wisatawan asing yang datang ke lokasi tersebut. Hasil riset mereka menyatakan bahwa layanan informasinya tergolong belum bersahabat bagi wisatawan asing, karena informasi yang disediakan masih kurang lengkap dan beberapa sulit dimengerti bagi wisatawan asing. Adapun beberapa fasilitas juga sebagian sudah tidak terawat. Mereka berharap agar di lokasi wisata dimanapun, terutama yang memiliki nilai sejarah bisa bersahabat bagi semua orang, termasuk wisatawan dari luar negeri agar mereka juga bisa mempelajari dan menikmati cerita yang ada di setiap tempat wisata.

Mereka juga mengikuti kegiatan pembelajaran di Sekolah Vokasi UGM, yang langsung disampaikan oleh dosen-dosen DBSMB lintas prodi. Mereka mempelajari sejarah Indonesia yang di ajarkan oleh Bapak Ghifari Yuristiadhi, S.S., M.A., Bahasa Indonesia oleh Ibu Andri Handayani, S.S., M.A., dan Kebudayaan Indonesia oleh Ibu Tuti Elfrida, M.A. Di akhir project, mereka mendapatkan sertifikat serta transkrip nilai selama mereka melakukan kegiatan di SV UGM.