Mahasiswa SV UGM Maju ke Final Mahasiswa Berprestasi 2014

MAPRES MEGI 2014Anissa Megia Sari, mahasiswa Sekolah Vokasi UGM program studi Pengeinderaan Jauh dan SIG ini baru saja mewakili UGM untuk maju di ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi 2014, yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan.

Tahapan yang dilalui Megi untuk mengikuti acara ini terbilang tidak mudah. Peserta harus menghdapi calon mahasiswa dari perguruan tinggi lain, yang terdiri dari 87 mahasiswa program sarjana (S1) dan 83 program diploma. Peserta ini merupakan delegasi dari perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Selanjutnya mereka mengikuti proses seleksi di Jakarta. Mereka diuji berkas, karya tulis, maupun video. Karya tulis di presentasikan di depan juri, dan dari seluruh penilaian akan dipilih 15 besar untuk mengikuti Final di Bali. Dan Anissa Megia Sari wakil dari Sekolah Vokasi UGM berhasil lolos menuju Final.

Para peserta yang berhasil masuk ke Final diwajibkan untuk membuat video profil mereka lagi, dan mempersiapkan diri lebih matang untuk menghadapi presentasi karya tulis ilmiah yang mereka buat. Dalam tahap ini, peserta diberikan pelatihan intensive bukan hanya dilatih secara akademik agar lebih kuat, tetapi juga non akademis, seperti soft skill dan pelatihan pengembangan diri agar memiliki jiwa leadership yang lebih baik dan mantap.

Final yang diselenggarakan di Denpasar, Bali pada tanggal 10 sampai dengan 14 Juli 2014. Acara yang terbilang padat ini juga menjadi pengikat persaudaraan antar mahasiswa dari berbagai Universitas. Mereka yang berada di Final menemukan teman-teman yang mempunyai semangat, visi dan tujuan yang sama. Sama-sama mempunyai minat dalam melakukan kegiatan yang kreatif, inovatif, produktif, memiliki sikap ilmiah, dan professional dalam menjalankan tugas dan kewajiban.

Pemilihan mahasiswa berprestasi ini merujuk pada fenomena kebutuhan dewasa ini, maka mahasiswa diharapkan tidak hanya berprestasi secara akademik dan kelimuan dalam bidangnya saja, tetapi juga memiliki aktivitas positif guna mengembangkan soft skills-nya agar menjadi lulusan yang mandiri, penuh inisiatif, bekerja secara cermat, penuh tanggung jawab dan gigih.

“Senang sekali bisa ikut dan masuk dalam finalis mahasiswa berprestasi ini, saya mendapat banyak pengalaman, banyak teman, dan juga saya diasah lebih baik lagi, karakter saya dipertajam. Dan semua yang ada disini adalah pemenang.” Ujar Megi menceritakan pengalamannya.