DIES Ke 5 SV UGM adakan Pagelaran Wayang Orang

POSTER WAYANG WONG PANCA BUDAYASekolah Vokasi (SV) UGM menggelar perayaan Dies Natalis ke 5 dengan mempersembahkan Pertunjukan Wayang Orang, Jumat (10/10) di Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjasoemantri (PKKH) UGM.
Ketua Panitia Pagelaran Wayang Orang, Dewi Cahya Ambarwati, MA., menyampaikan bahwa pagelaran wayang orang tersebut menampilkan seniman wayang dari 4 Kabupaten dan Kota Yogyakarta.

“Pagelaran wayang ini didukung sepenuhnya oleh beberapa seniman terkenal, antara lain Yati Pesek, Dewi Dewo dan seniman-seniman senior lain di Yogyakarta,” papar Dewi.

Dewi juga menjelaskan bahwa pagelaran wayang orang tersebut nantinya akan membawakan lakon “Prahara Tunggarana” yang menceritakan tentang sebuah konflik di Tunggarana, suatu daerah subur diantara Pringgadhani dan Trajutrisna.
“Kisahnya sangat menarik, dan sangat sayang untuk dilewatkan” imbuh Dewi.

Sementara itu, Direktur Sekolah Vokasi UGM, Ir. Hotma Prawoto, M.T., menyatakan bahwa tema Dies Natalis Sekolah Vokasi UGM ke -5 adalah Mewujudkan Pendidikan Vokasional Yang Tangguh Dalam Rangka Membangun Karakter dan Kedaulatan Bangsa. Diambilnya tema tersebut sebagai wujud nyata Sekolah Vokasi UGM terhadap pelestarian nilai-nilai budaya melalui pagelaran wayang orang. Dengan keragaman keilmuan yang ada di Sekolah Vokasi UGM, diharapkan mahasiswa Sekolah Vokasi pada khusususnya dapat memahami kebudayaan Jawa dan dapat mengambil manfaat dari cerita wayang orang yang disuguhkan. Acara pagelaran wayang ini berlangsung pukul 19.00-23.00 WIB, GRATIS dan terbuka untuk umum.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*