PERINGATAN HARI BUMI 2015: “Penanaman Karakter Cinta Lingkungan”

HARI BUMI

Setiap tanggal 22 April diperingati sebagai Hari Bumi Sedunia. Menurut Wiyono, S.Hut., M.Si, selaku Ketua Program Studi DIII Pengelolaan Hutan Sekolah Vokasi UGM, tujuan utama peringatan Hari Bumi ini adalah untuk melakukan refleksi tentang pentingnya kelestarian lingkungan demi keberlangsungan kehidupan di bumi.

Pada tanggal 19 April 2015 yang lalu, Forum Komunikasi Mahasiswa Diploma III Kehutanan (FORKOMADIKA) Sekolah Vokasi UGM bekerjasama dengan Lembaga Eksekutif Mahasiswa (LEM) Fakultas Kehutanan UGM dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kehutanan INSTIPER telah menyelenggarakan kegiatan pendidikan lingkungan bagi siswa Sekolah Dasar se-DIY. Kegiatan dalam rangka memperingati Hari Bumi Sedunia tersebut mengangkat tema “Penanaman Karakter Cinta Lingkungan (PAKCILIK)”. Tujuannya adalah untuk menumbuhkan kepedulian dan rasa cinta lingkungan sejak usia dini.

IMG_7436

Kegiatan yang dilaksanakan di Hutan Pendidikan Wanagama I Gunungkidul ini diikuti oleh 176 peserta, diantaranya berasal dari SD IT Lukman Al-Hakim, SD Salman Al Farizi, SDN Karangwuni, SDN Caturtunggal 3, dan SDN Caturtunggal 7. Kemudian, para peserta dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil yang beranggotakan 10 – 12 peserta. Para peserta diajak outbond tracking dengan menyusuri kawasan hutan Wanagama sejauh kurang lebih 3 km. Rute tracking dibagi menjadi 5 pos dan pada setiap pos para peserta diajak melakukan berbagai permainan edukasi cinta lingkungan dan dikenalkan dengan beberapa jenis hewan reptile.

Harapannya, setelah mengikuti kegiatan ini para siswa SD memiliki karakter cinta lingkungan yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan mereka sehari-hari. (Wiyono).