SV Adakan Pelatihan Kehumasan : Humas Adalah Aset yang Perlu Dikelola Dengan Baik

pelatihan kehumasan

Hubungan Masyarakat (Humas) dalam sebuah organisasi memiliki tugas diantaranya adalah mengembangkan citra dan reputasi organisasi secara aktif. Di UGM, sebagai pengelola citra institusi, humas berfungsi sebagai pendokumentasian kegiatan, publikasi kegiatan, pengelola isu, pembentuk opini hingga penanganan keluhan. Dilihat dari tujuan dan fungsinya, saat ini humas masih dihadapkan pada sebuah tantangan dimana secara struktural bagian humas masih dipandang kurang strategis, selain itu, humas juga belum dipandang sebagai asset yang harus dikelola dengan baik.

Melihat permasalahan tersebut, Vocational Development Center (VDC) yang merupakan lembaga training center dibawah Sekolah Vokasi (SV) UGM mengadakan pelatihan kehumasan yang dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 23-24 April 2015 di Wisma MM UGM. Peserta pelatihan tersebut merupakan staff humas yang berasal dari Pemda dan Pemprov Magelang, Kendal, Kebumen hingga NTT (Kupang).

Pelatihan yang mengusung tema “Implementasi Teknologi Informasi Bagi Kehumasan di Lingkungan Pemerintah Daerah” turut menghadirkan Wijayanti, S.I.P., M.Sc., selaku Kepala Bidang Humas UGM dan Agung B Wibowo, S.Kom.,M.T., sebagai pembicara. Materi yang disampaikan meliputi Pengenalan Kehumasan, Sistem dan Teknologi Informasi Sebagai Penunjang Kegiatan Kehumasan, Peran Laman (Situs Web) Pemda dalam penyebaran Informasi Pemerintah, Proses Perencanaan Sistem informasi untuk Penyelenggaran e-Government, Praktik Pembuatan Berita Untuk Media Laman Pemda dengan Web, dan Praktik Pengelolaan Berita Laman Pemda berbasis CMS.

“Dengan diselenggarakannya pelatihan kehumasan ini, kami berharap seluruh humas dilingkungan pemerintahan dapat berjalan sesuai tugas dan fungsinya, serta dapat menjawab tantangan atau permasalahan yang dihadapi humas saat ini” tutur Maun Budiyanto, S.T.,M.T., selaku Wadir Bidang Penelitian Pengabdian dan Kerjasam SV UGM yang ditemui saat membuka pelatihan tersebut.