Saptuari beri Motifasi Bisnis untuk Mahasiswa SV UGM dalam Workshop Sekolah Kewirausahaan

SAPTUARI

Sekolah Kewirausahaan, yang merupakan kerjasama Sekolah Vokasi UGM dengan Mandiri University, mengadakan workshop ke 3 dengan tema Execution business implementation pada hari Sabtu, 9 Mei 2015. Dalam acara ini turut mengundang Saptuari selaku pengusaha muda dan juga pemenang Wirausaha Muda Mandiri tahun 2007 sebagai pembicara sekaligus untuk memompa motivasi bagi peserta Sekolah Kewirausahaan.

Saptuari Sugiharto atau biasa disapa Saptu, merupakan pengusaha muda yang biasa dikenal sebagai pemiliki kedai digital, bakso granat atau owner Jogist sebagai brand produk kaosnya. Pada sesi sharing tersebut, Saptu lebih banyak bercerita mengenai jurus eksis mengelola bisnis,

“sejak saya jadi mahasiswa, tekad untuk merintis usaha sudah ada, selama kuliah saya pernah menjadi penjaga tas di koperasi mahasiswa, penjual ayam kampung, dan penjual stiker” ujar lulusan S1 Geografi UGM tersebut.

Pada paparan selanjutnya, Saptu memaparkan 9 Salah kaprah seorang pengusaha yaitu :

  1. Tidak fokus/asal jalan
  2. Miskin ide, hobi ikut-ikutan
  3. Gampang percaya, mudah ditipu
  4. Ingin sukses tapi tidak mau proses
  5. Kebanyakan Gaya
  6. Hobi hutang bingung bayar
  7. Buta Keuangan
  8. Sok pintar, dan tidak mau belajar
  9. Niat yang lurus

Selanjutnya, untuk sesi 2 materi diisi oleh Fathulloh, yang merupakan pemateri dari Mandiri University. Pada sesi tersebut mahasiswa diberikan tips dan teknik dalam menyusun business plan.

“Terdapat 5 hal mengapa orang tidak membuat business plan, 1. Terkesan seperti pekerjaan yang menyibukkan, 2. Tidak punya waktu, 3. Tidak tahu caranya, 3. Merasa hal ini tidak penting, 4. Hanya menyiapkan perencanaan bisnis ketika bisnis baru di mulai/ketika membutuhkan untuk kepentingan bank” sebut Fathulloh.

Dalam workshop tersebut juga dihadiri beberapa coach Sekolah Kewirausahaan dari Sekolah Vokasi UGM yaitu Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D, Fitri Damayanti, SE., SIP., M. Sc, Agus Nugroho, ST. MT. Ph.D, Fahmi Prihantoro, SS., MA., Wiyono, S.Hut., M.Si, dan Faiz Zamzami, SE., M. Acc., QIA.