Festival Generasi Muda Sadar Wisata: Menggali Potensi Wisata dan Budaya lewat Kreativitas

DSC04346Departemen Bahasa, Seni dan Manajemen Budaya (DBSMB) Sekolah Vokasi, UGM bekerjasama dengan Ikatan Mahasiswa Kulon Progo (IMKP), Dinas Pendidikan Kulon Progo dan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kulon Progo kembali menyelenggarakan program pengabdian masyarakat pada tahun 2015 yang bertajuk “Festival Generasi Muda Sadar Wisata”. Program pengabdian sekaligus promosi departemen ini berupa penyelenggaraan lomba-lomba yaitu fotografi, poster dan simulasi guiding bahasa Inggris yang diikuti oleh siswa- siswa SMA/SMK/MA se-kabupaten Kulon Progo. Lomba- lomba tersebut dilaksanakan pada tanggal 17 Mei 2015 di SMA N 1 Pengasih, Kulon Progo.

Pelaksanaan lomba-lomba tersebut bertujuan untuk menggali potensi wisata yang ada di Kabupaten Kulon Progo sekaligus mengembangkan kreativitas pemuda dalam hal ini siswa SMA/SMK/MA melalui seni fotografi, pembuatan poster dan simulasi guiding Bahasa Inggris.

“Kami berharap untuk ke depan pelaksanaan program ini akan lebih baik lagi. Targetnya tidak hanya mendidik generasi muda untuk sadar wisata, sadar budaya, dan sadar potensi daerah tetapi juga untuk mempromosikan Kabupaten Kulon Progo,” ujar Drs. Winarto, selaku ketua Panitia Program Festival Generasi Muda Sadar Wisata.

Winarto juga menjelaskan bahwa lomba poster dan fotografi dilaksanakan dengan mengumpulkan berkas foto serta poster ke panitia di SMA N 1 Pengasih. Untuk lomba simulasi guiding, juri yang ditunjuk adalah Binardi dari Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), Elisa Dwi Rohani, M.Sc. (Prodi Kepariwisataan SV UGM) dan Drs. Winarto (Prodi Bahasa Inggris SV UGM). Festival Generasi Muda Sadar Wisata tahun ini memperebutkan trofi dan uang pembinaan dari Departemen Bahasa, Seni dan Manajemen Budaya SV UGM.

guiding 1Untuk kategori lomba poster, juara I direbut oleh Novan Hidayat (SMKN 1 Kokap), juara II Alfiansyah (SMKN 1 Kokap), dan juara III Dewi Cahyani Wibowo (SMKN 1 Kokap). Sedangkan untuk lomba fotografi, juara I direbut oleh Adi Kristi Satrio Utomo (SMA N 2 Wates), juara II Muhammad Arifin Nur (SMA N 1 wates), dan juara III Fay’ina Mahanani N.E (SMA N 1 Pengasih). Juara I lomba simulasi guiding dimenangkan oleh Nur Rahtiwi Anjarni (SMK N 2 Pengasih), juara II Balqisa Selma Firdausi (SMK N 1 Pengasih) dan juara III Erna Susilawati (SMK N 1 Pengasih). Penyerahan hadiah kepada para juara dilaksanakan hari Minggu, 24 Mei 2015 di Waduk Sermo bertepatan dengan acara Atraksi Kesenian Kulon Progo. Pada kesempatan ini hadiah dan trofi dilaksanakan oleh Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kulon Progo (Eko Wisnu Wardana, S.E), Ketua DBSMB SV UGM (Waluyo, S.S., M.Hum.) dan Ketua Panitia (Drs. Winarto).