Teaching Industry : Wahana Produksi Berbasis Riset & Inovasi Untuk Mendukung Proses Pembelajaran Yang Teintegritas Dengan Industri

seminar_

Jumat, 31 Juli 2015. Sekolah Vokasi (SV) UGM menggelar acara Seminar Sosialisasi Teaching Industry dan Focus Group Discussion (FGD). Bertempat di Hall Perpustakaan SV UGM, acara yang dihadiri oleh seluruh ketua program studi (prodi), perwakilan dosen dari prodi serta anggota Senat SV UGM, diselenggarakan oleh Tim Penyusun Pengembangan Hibah Akademik yang diketuai oleh Wikan Sakarinto, S.T.,M.Sc.,P.Hd dan beranggotakan perwakilan beberapa dosen dari Sekolah Vokasi UGM.

Seminar terbagi dalam 2 sesi, dimana sesi I menghadirkan narasumber diantaranya adalah Ahmad Yuniarto selaku Anggota Kehormatan Wali Amanah UGM, Muhammad Sulaiman,S.T.,M.T.,D.Eng., selaku Direktur Renbank UGM dan drg. Ika Dewi Ana,M.Kes., P.Hd., selaku Direktur PIKA UGM.

Maun Budiyanto, S.T.,M.T., yang merupakan Wakil Direktur Bidang Penelitian, Pengabdian dan Kerja Sama SV UGM sekaligus Wakil Ketua Tim Penyusun Pengembangan Hibah Akademik, menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan Teaching Industry (TI) adalah konsep yang digagas UGM untuk pengembangan dan peningkatan pendidikan vokasional di UGM, yang bertujuan untuk mewujudkan sinergitas antara dunia pendidikan dan dunia industri dalam rangka mewujudkan kemartabatan sebagai bangsa yang berdaulat.

“Konsep dasar teaching industry adalah pemindahan sebagian dari proses pendidikan dan proses industri dalam suatu disain pembelajaran sehingga terselenggara pendidikan berbasis kompetensi yang melahirkan SDM yang menang dalam persaingan global,” tutur Maun.

Sementara narasumber sesi II seminar sosialisasi teaching industry disampaikan oleh Direktur SV UGM, Ir. Hotma Prawoto,M.T.,IP-Md dan Wakil Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan SV UGM, Wikan Sakarinto, S.T.,M.Sc.,P.Hd.