7 Mahasiswa Vokasi UGM Ikuti Program Pertukaran dan Studi Lanjut di Korea

IMG-20160225-WA0002Sebanyak 7 Mahasiswa Sekolah Vokasi (SV) UGM, Program Studi D3 Bahasa Korea mengikuti program pertukaran pelajar dan studi lanjut pada 2 Universitas di Korea. Ketujuh mahasiswa tersebut, 5 diantaranya mengikuti program pertukaran pelajar di Gangneung Wonju National University (GWNU) selama 2 semester yaitu Leliyana Putritama, Anugrah Anggraeni, Ahadilla Nur’ais Hartono Putri, Mar’atus Solikhah, dan di Gyeongsang National University (GNU) selama 1 semester, yaitu Irawan Setiadi. Sementara itu, 2 orang lainnya, Indhira Kusuma Wardani dan Aruna Pandu Ardiyan mengikuti program studi lanjut S1 di GWNU Korea.

Supriadianto, S.S, M.A., selaku Ketua Prodi D3 Bahasa Korea menjelaskan bahwa kelima mahasiswanya mendapatkan beasiswa dari Korean Government Scholarship Program (KGSP) untuk pertukaran pelajar, dimana keseluruhan biaya program sudah ditanggung oleh Pemerintah Korea.

“Untuk beasiswa KGSP itu full, tiket pesawat, biaya kuliah, biaya asrama dan biaya hidup sudah ditanggung Pemerintah,” tutur Kaprodi yang kerap disapa Adi Kyosunim.

Sedangkan untuk program studi lanjut, prodi D3 Bahasa Korea berkesempatan mendapat beasiswa Global Government Scholarsip Program (GGSP) yang mencakup biaya studi, biaya hidup dan biaya asrama untuk 2 orang lulusan D3 Bahasa Korea SV UGM selama 3-4 semester.

Menurut Direktur SV UGM, Ir. Hotma Prawoto Sulistyadi, M.T.,IP-Md., dalam sambutannya pada acara pelepasan mahasiswa yang akan berangkat ke Korea pada 25 Februari 2016, program tersebut merupakan hasil dari kerjasama antara Sekolah Vokasi UGM dengan beberapa Universitas dan Lembaga Pemerintahan di Korea.

Hotma juga menambahkan, bahwa setiap tahunnya, Prodi D3 Bahasa Korea secara rutin mengirimkan mahasiswa ke Korea baik untuk program pertukaran mahasiswa ataupun studi lanjut S1.

“Selain memperdalam ilmu Bahasa Korea, mahasiswa juga akan belajar tentang budaya dan sastra Korea, serta akan dilibatkkan dalam kegiatan-kegiatan Budaya di Korea,” pungkasnya. (Humas SV/Shinta Dewi)