ISTS 2016 Libatkan Peserta dari 7 Negara

img_0855

Rabu (5/10) Bertempat di Indoluxe hotel Yogyakarta, telah hadir peserta delegasi dari beberapa Negara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Jepang, Singapura dan Finlandia untuk mengikuti acara International Symposium on Technology for Sustainability (ISTS) 2016 yang diadakan oleh Sekolah Vokasi UGM bekerja sama dengan National Institue of Technology (NIT) Jepang. Sebanyak 165 peserta delegasi terdiri dari Dosen dan Mahasiswa yang terpilih karya paper dan posternya mengikuti serangkaian acara pembukaan ISTS 2016 dengan penuh antusias.

            Mr. Taniguchi Isao sangat mengapresiasi SV UGM sebagai tuan rumah penyelenggara ISTS kali ini “Kegiatan ini merupakan salah satu hal yang penting dalam sustainability untuk masa depan yang lebih baik”, ungkap President of National Institute Technology (NIT) Japan dalam pidato sambutan yang disampaikan beliau.

            Prof. Dr. Ir. Budi Santoso Wignyosukarto, Dip.HE selaku Wakil Rektor Universitas Gadjah Mada bidang Sumber Daya Manusia dan Aset membuka acara ISTS dengan pemukulan gong didampingi oleh Ir. Hotma Prawoto S, M.T., IP-Md. selaku Dekan SV UGM, President of National Institute Technology (NIT) Japan Mr. Taniguchi Isao serta Fitri Damayanti Berutu, S.E., S.S., M.Sc. selaku ketua ISTS 2016.

“Program ISTS 2016 merupakan kegiatan yang akan memiliki dampak yang signifikan terhadap kemajuan teknologi dan ketersedian energy di masa mendatang”, tutur Prof Budi Santoso dalam pidatonya.

            Sementara itu, Fitri Damayanti Berutu juga menyampaikan bahwa rangkaian ISTS 2016 ini meliputi kegiatan Simposium, Workshop, Seminar, Cultural Night, Kunjungan Industri dan Studi Kasus.

“Desa Poncosari terpilih sebagai tempat pengimplementasian Studi Kasus program ini karena memenuhi kriteria enam bidang studi kasus program ISTS 2016 yakni Energi Terbarukan, Industri, Agro Industri, Konstrusi Sipil, Informasi Teknologi, dan Pariwisata.. Implementasi Studi Kasus ini menjadi tolak ukur suksesnya program ini,” tambah Fitri.

            Kegiatan ini merupakan kontribusi nyata dari Sekolah Vokasi UGM sebagai lembaga pendidikan terpercaya untuk berkontribusi nyata memberikan solusi atas permasalahan yang ada di Indonesia. Peserta dalam seminar ini tidak hanya mendengarkan pemaparan dari pebicara tapi juga berdiskusi tentang masalah yang ada di Indonesia dan mencari solusi bersama atas permasalahan yang ada di Indonesia. Sekolah Vokasi juga mendidik mahasiswanya untuk berpikir kreatif dan inovatif sehingga mampu bersaing di level nasional maupun global.