Kenalkan Produk Teknologi Terbaru dari Industri, SV UGM Gelar Mechanical Fair 2017

Selasa (28/2), Departemen Teknik Mesin (DTM) Sekolah Vokasi (SV) UGM menggelar kegiatan tahunan bertajuk Mechanical Fair yang diperuntukkan bagi siswa-siswi SMA/SMK dari berbagai wilayah di Indonesia. Lilik Dwi Setyana, S.T., M.T., selaku Ketua Departemen Teknik Mesin SV UGM mengungkapkan bahwa tahun 2017 ini merupakan tahun ke-8 terselenggaranya Mechanical Fair yang merupakan kegiatan tahunan Departemen Teknik Mesin SV UGM.

“Setidaknya lebih dari 200 pelajar SMK di seluruh Indonesia mengikuti lomba keterampilan siswa di Sekolah Vokasi UGM,” tuturnya.

Lilik juga menyampaikan harapannya melalui kegiatan Mechanical Fair dapat menumbuhkan sifat kompetisi pelajar antar SMK dan SMA sehingga lebih memacu untuk mengembangkan diri serta menjembatani komunikasi antar SMK dengan dunia Industri mengenai perkembangan teknologi terkini. Tak lupa melalui Mechanical Fair, SV UGM mengajak SMK/SMA dan masyarakat umum untuk mengenal produk-produk teknologi terbaru dari Industri.

Mengangkat tema “Pengembangan Kualitas SDM di bidang IPTEK Untuk Menghadapi Persaingan Global”, Mechanical Fair 2017 dibuka secara langsung oleh Dekan SV UGM, Wikan Sakarinto, M.Sc.Ph.D., yang ditandai dengan pemukulan gong.

Wikan menyampaikan bahwa Mechanical Fair tahun ini spesial karena dibarengkan dengan penandatanganan MoU antara SV UGM dengan PT SMC Pneumatics Indonesia dan Lembaga Sertifikasi Profesi Inspektor Industri Manufaktur (LSP-IIM).

Kerja sama yang dibangun SV UGM dengan kedua perusahaan tersebut dimaksudkan untuk mendukung rencana program pendirian D4 Teknik Manufaktur Departemen Teknik Mesin SV UGM.

Sementera itu, Yusuf Rahmatullah selaku Ketua Mechanical Fair 2017 mengungkapkan bahwa dalam Mechanical Fair 2017 ini mengusung tujuh kategori perlombaan, diantaranya adalah otomotif, mechantronics, pemrograman CNC, Metrologi, CAD, Welding, dan LKTI.

Selain lomba keterampilan siswa dalam kompetisi ini juga akan digelar acara seminar nasional pada 4 Maret 2017 di University Club (UC) UGM. Seminar nasional mengusung tema “Kualifikasi Pengelasan dan Pengembangan Industri Mesin Perkakas di Indonesia”, tambahnya.