UGM Bawa Pulang Juara I Mahasiswa Berprestasi (Mapres) Nasional 2017

Kamis (13/07/2017), Ajang pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mapres) Nasional adalah sebuah ajang ilmiah yang dilakukan untuk memilih Mahasiswa yang nantinya akan dinobatkan sebagai Mapres tingkat Nasional. Setiap tahun, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) Republik Indonesia mengadakan ajang pemilihan bagi para mahasiswa untuk menjadi Mapres.

Peserta terdaftar pada tahun ini berjumlah 143 Program Sarjana dan 85 Program Diploma sehingga total 228 peserta. Sebagai tahapan pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tahun 2017, Tim Juri telah melaksanakan penilaian tahap awal pada tanggal 2-3 Juni 2017 dan telah menghasilkan finalis yang akan diundang untuk mengikuti penilaian tahap akhir yang terdiri atas 17 (tujuh belas) mahasiswa dari Program Sarjana dan 9 (sembilan) mahasiswa dari Program Diploma.

Bertempat di kota Surabaya, final Mapres diselenggarakan dari dari tanggal 10 Juli 2017 sampai dengan 13 Juli 2017. Tepat pukul 19.30 WIB tadi malam pengumuman Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Nasional (PILMAPRES) 2017 bisa disaksikan lewat live stream di youtube.

Mengungguli peserta lainnya Wyncent Halim Mahasiswa Fakultas.Hukum UGM dinyatakan sebagai Juara I disusul Universitas Indonesia Juara II dan Institut Teknologi Bandung sebagai Juara III. Setelah dinyatakan sebagai Juara I Mapres Nasional (Tingkat Sarjana) 2017 Wyncent menyapa dan berkirim pesan bahwa selama tiga tahun terakhir ia menyiapkan diri mengikuti ajang ini dengan mengumpulkan prestasi baik tingkat nasional maupun internasional untuk menyiapkan prototipe.

“Salah satunya di tahun 2016 saya berhasil menjadi Jaksa Terbaik di Lomba Peradilan Kompetisi Semu di Belanda,” ungkap Wyncent.

Pada tingkat Diploma bersaing dengan 9 finalis lainnya Pralampita Khofi Mufida asal Program Studi Rekam Medis Sekolah Vokasi UGM belum berhasil masuk tiga besar, namun sejauh ini prestasinya sudah sangat membanggakan. Ia mengaku mempersiapkan diri dengan mengumpulkan karya tulis unggulan.

“Dimulai dari semester satu hingga sekarang saya mengumpulkan prestasi sebanyak-banyaknya, selain itu saya juga berlatih bahasa Inggris dengan keras,” tutur Pralampita.

Tidak lupa kedua finalis yang maju mewakili UGM ini memberikan pesannya  untuk para calon finalis Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Nasional (PILMAPRES) 2018 mendatang untuk mepersiapkan diri sedini mungkin. Prsetasi ini menambah sederet capaian UGM dan diharapkan mampu menginspirasi mahasiswa lainnya.