UGM Luluskan 1.158 Lulusan Diploma Periode Agustus 2017

(Sumber Foto dari ugm.ac.id) 

Kamis (24/08/2017), Upacara Wisuda Program Diploma Tiga (D3) dan Diploma Empat (D4) Universitas Gadjah Mada tahun ini diikuti oleh 1.158 wisudawan yang terdiri 1.107 lulusan Diploma Tiga dan 51 lulusan Diploma Empat, Rabu dan Kamis (23-24/08/2017) di Grha Sabha Pramana.

Nilai IPK rata-rata untuk Departemen Teknologi Hayati  dan Veteriner adalah 3,34, Departemen Ekonomika dan Bisnis 3,33, Departemen Bahasa, Seni dan Manajemen Budaya 3,51, Departemen Teknik Elektro dan Informatika 3,39, Departemen Teknik Kebumian 3,44, Departemen Likes 3,25, Departemen Teknik Mesin 3,3, dan Departemen Teknik Sipil 3,35. Dan IPK tertinggi diraih Yoga Cahya Mahardika dari D3 Kesehatan Hewan, yang lulus dengan IPK 3,97. Selain sebagai peraih IPK tertinggi, Yoga adalah mahasiswa penerima beasiswa ikatan dinas dari PT. Ultrajaya.

Dalam pidatonya mewakili wisudawan Yoga menyampaikan rasa syukur atas ketegaran dan keteguhan untuk bisa meraih suatu keinginan yang mulia, menjadi insan yang dapat mencerdaskan bangsa sekaligus bisa berkontribusi di segala lini kehidupan. Tak luput juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh civitas di lingkungan Fakultas Sekolah Vokasi UGM dan tentu orangtua yang selalu mendukung serta teman-teman seperjuangan.

“Saya mengucapkan selamat atas prestasi yang telah diraih pada hari ini. Saksikanlah bahwa pada hari ini, tidak hanya rekan-reakn wisudwan/wati yang dapat tersenyum tetapi lihatlah orang-orang yang berada di samping kanan dan kiri kita yang selama ini berjuang dibelakang kita untuk membiayai kita telah dapat tersenyum bahagia. Maka tugas kita setelah ini adalah membuat bangsa ini tersenyum. Tersenyum atas karya dan kontribusi kita kepada mereka sehingga tercapailah apa yang mereka harapkan dari kita sebagai putra-putri terbaik bangsa,” tegasnya.

Rektor UGM Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., dalam pidato sambutannya menyampaikan ucapan selamat pada para wisudawan yang berhasil menyelesaikan pendidikan diploma. Ia berharap agar para wisudawan mampu meningkatkan prestasi yang lebih gemilang lagi di masa mendatang serta memberika kontribusi optimal untuk Indonesia. “Kami sangat bangga melepas saudara dengan doa, semoga Anda semua bisa melaksanakan tugas dengan baik untuk memberikan manfaat besar bagi nusa dan bangsa,” ungkap Rektor.

Sementara itu, tradisi yang dilakukan disetiap malam sebelum prosesi wisuda disetiap departmen SV UGM berlangsung sukses. Setiap departemen menggelar acara “mangayubagyo”  sesuai dengan tradisi departemen masing-masing. “Mangayubagyo”  adalah acara dimana para wisudawan berserta orang tua/wali hadir berkumpul dengan seluruh dosen untuk bertatap muka memberikan apresiasi dan salam pisah untuk para wisudawan.

Berbagai hiburan berbeda disuguhkan disetiap departmen, mulai dari tari tradisional, karawitan, akustik band, dan orgen tunggal. Tak luput apresiasi beruba souvenir dan sertifikat kelulusan departemen siapkan untuk para wisudawan. Acara ini menjadi ajang silaturahmi antar orangtua/wali dengan para dosen segaligus menjadi momen perpisahan.