UGM dan Zhengzhou University (Tiongkok) Inisiasi Program Double Degree Untuk Mahasiswa SV UGM

Sekolah Vokasi (11/09/17), Sekolah Vokasi (SV) UGM menjalin kerja sama bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat dengan beberapa perguruan tinggi di China. Salah satunya adalah dengan Zhengzhou University (ZZU). Bertempat di Ruang Sidang Diploma Teknik Sipil, SV UGM menerima kunjungan dari ZZU.

Hadir dalam kunjungan ke UGM kali ini Prof. Guo Tyuancheng Dekan Teknik Sipil ZZU, Prof Hui Qian Dosen Teknik Sipil ZZU dan diterima langsung oleh Dr. Silvi Nur Oktalina, S.Hut., M.Si., Wakil Dekan Bidang Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Urusan Internasional dan Humas & TIK yang didampingi oleh Suwardo, ST. MT. Ph.D Ketua Departemen Teknik Sipil, Dosen-dosen DTS SV UGM beserta Manager dan Staff Kantor Urusan Internasional SV UGM.

Kunjungan ZZU kali ini untuk membahas peluang dan rencana mengembangkan Dual Degree  untuk mahasiswa D4 Teknik Pengelolaan dan Pemeliharaan Insfrastruktur Sipil (D4 TPPIS). Program ini direncanakan denga sistem 2 tahun pertama belajar di UGM dan 2 tahun selanjutnya dilaksanakan di Zhengzhou University, setelah lulus final exam mahasiswa wajib mengikuti wisuda di ZZU kemudian kembali ke Indonesia dan mengikuti wisuda di UGM.

“Namun hal ini masih menjadi pembahasan kita bersama, masih banyak hal yang perlu kita persiapkan dari sekarang. Semoga kelak segera bisa terealisir,” ungkap Suwardo.

Selanjutnya ditemani Dekan SV UGM Prof Guo dan Prof Hui berkunjung ke Kantor Urusan Internasional (KUI) UGM. Ditemui langsung oleh Kepala KUI UGM I Made Andi Arsana, Ph.D. Dalam pertemuan ini kedua belah pihak membahas rencana kerjasama yang mungkin akan dimasukan dalam poin-poin Memorandum of Understanding (MoU).

“UGM akan menginisiasi kerjasama dengan ZZU mengenai student exchange, lecturer exchange, joint research plus inisiasi double degree dengan fakultas-fakultas dan sekolah di lingkungan UGM,” jelas Andri selaku Manager KUI SV UGM.

Seusai kunjungan ke KUI UGM dilanjutkan bertemu dengan mahasiswa dan alumni dalam acara Sosialisasi Studi Lanjut Bachelor Degree di ZZU. Dalam kesempatan ini Prof Hui menjelaskan tentang ZZU dan kesempatan melanjutkan S1 di sana. Memang hanya beberapa jurusan saja yang saat ini tersedia untuk program ini seperti Teknik Sipil, Mesin, Marketing, Komputer, dan Sistem Informasi, Elins, dan Mandarin, namun kedepannya tidak menutup kemungkinan dibuka untuk program studi lainnya.