Mahasiswa SV UGM Juarai Lomba Debat Nasional ICFEST

Yogyakarta (18/09/2017), Tiga mahasiswa UGM berhasil di kancah Nasional, yakni mampu memperoleh juara 2 dalam kompetisi Debate ICFEST yang diselenggarakan oleh UIN SUSKA Riau. Tiga mahasiswa itu adalah, Lutfiana Pasebhan Jati dari Prodi Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografi Fakultas Sekolah Vokasi, Faiz Abdullah Wafi dari Fakultas Filsafat, dan Herlinda Apriani dari prodi Bahasa Inggris Fakultas Sekolah Vokasi. Selain mendapatkan juara 2, Lutfiana Pasebhan Jati yang menjadi ketua tim pun didapuk sebagai Best Speaker dalam kompetisi kali ini.

Lutfiana mengatakan, bahwa kompetisi yang digelar pada tanggal 7-10 September 2017 ini diikuti oleh 12 tim dari berbagai Universitas di Indonesia yang berhasil melewati seleksi Esai terlebih dulu.

“Dikonpetisi ini UGM hanya mengirimkan 1 tim, sedangkan kampus lain seperti IPB yang mengirimkan 3 tim,” jelasnya.

Lebih jauh Lutfiana menjelaskan bahwa kompetisi ini mengambil isu yang sangat kompleks dan beragam, mulai dari teknologi, ekologi, sumber daya manusia, hingga peran wirausaha dalam mendongkrak perekonomian Indonesia. Wafi, salah satu anggota tim debat ini mengakui bahwa persaingan dalam kompetisi debat ICFEST ini cukup ketat, namun tim ini mampu meyakinkan dewan juri dengan argumentasi yang baik juga didukung berdasarkan data maupun fakta yang konkrit.

“Dalam hal ini kami patut bersyukur, karena kami mampu belajar yakni tentang bagaimana menyampaikan argumen dengan baik serta meyakinkan publik dengan argumen yang kami bawakan. Meskipun kami belum mendapatkan hasil yang optimal, kami berharap kedepannya tim ini akan jauh lebih solid lagi”, pungkasnya.